Investigasi Karakteristik Kesalahan Siswa SMK dalam Pemecahan Soal Cerita Program Linier Ditinjau dari Kemampuan Awal

BAHAR, BAHAR (2013) Investigasi Karakteristik Kesalahan Siswa SMK dalam Pemecahan Soal Cerita Program Linier Ditinjau dari Kemampuan Awal. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAHAR.docx

Download (16kB)

ABSTRAK BAHAR. 2013. Investigasi Karakteristik Kesalahan Siswa SMK dalam Pemecahan Soal Cerita Program Linier Ditinjau dari Kemampuan Awal. (Dibimbing oleh Awi Dassa dan Alimuddin). Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan karakteristik kesalahan siswa SMK dalam pemecahan soal cerita program linier ditinjau dari kemampuan awal. 2) untuk mendeskripsikan perbandingan karakteristik kesalahan siswa SMK dalam pemecahan soal cerita program linier ditinjau dari kemampuan awal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu menginvestigasi karakteristik kesalahan siswa SMK dalam pemecahan soal cerita program linier. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tugas pemecahan soal cerita program linier dan pedoman wawancara yang valid dan reliabel. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 5 Makassar yang terdiri dari dua orang subjek yaitu seorang berkemampuan tinggi yang selanjutnya disebut subjek tinggi (ST), dan berkemampuan rendah yang selanjutnya disebut subjek rendah (SR). Proses penelitiannya mengikuti tahap-tahap: (a) merumuskan indikator kesalahan dalam pemecahan soal cerita program linier berdasarkan kajian teori dan penelitian awal, (b) merumuskan instrumen pendukung (tugas pemecahan soal cerita program linier dan pedoman wawancara) yang valid dan reliabel, (c) menetapkan subjek penelitian dengan menggunakan tes kemampuan awal (d) melakukan pengambilan subjek penelitian, (e) melakukan pengambilan data untuk mengungkap karakteristik kesalahan dalam pemecahan soal cerita program linier, (f) melakukan triangulasi untuk mendapatkan data yang valid, (g) melakukan analisis data kesalahan dalam pemecahan soal cerita program linier ditinjau dari kemampuan awal, (h) melakukan pembahasan hasil analisis, (i) melakukan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak ada perbedaan secara signifikan antara kesalahan yang dilakukan subjek tinggi (ST) dan subjek rendah (SR) dalam pemecahan soal cerita program linier ditinjau dari kemampuan awal, 2) kesalahan yang dilakukan ST dan SR dalam pemecahan soal cerita program linier pada tiap tahapan adalah: a) memahami soal. Pada tahapan ini, ST dan SR melakukan karakteristik kesalahan faktual dalam memahami fakta-fakta atau istilah-istilah yang dinyatakan secara eksplisit, b) merencanakan penyelesaian. Pada tahapan ini, ST dan SR mengalami karakteristik kesalahan fakta dalam menuliskan model matematika, c) mengimplementasikan penyelesaian. Pada tahapan ini, ST dan SR melakukan karakteristik kesalahan operasi dalam menyelesaian persamaan, ST dan SR mengalami kesalahan konsep untuk menentukan daerah penyelesaian, dan ST dan SR lakukan kesalahan prinsip dalam menentukan nilai minimum. ABSTRACT BAHAR. 2013. Invertigation on Errors of Vocational School Students in Solving Story Problem of Linear Program Based on Initial Ability (supervised by Awi Dassa and Alimuddin). The Study aimed at describing (1) the error characteristics of vocational school (SMK) students in solving story problem of linear program based on initial ability, (2) the comparison of error craracteristics of SMK students in solving story problem of linear program based on initial ability. The Study was a qualitative research which investigated error characteristics of SMK students in solving story problem of linear program. The instrument of the study was the researcher himself as the main instrument guided by task of story promlem solving of linear program and a valid and reliable guided interview. Data were collected by conducting task-based interview. The subjects of the study were two grade X students of SMKN 5 Makassar consisted of one student with high competence called as High Subject (HS) and one student with low competence called as Low Subject (LS). The research processes were (a) formulated error indicators in solving story problem of linear program based on theory study and preliminary study, (b) formulated supporting instrument (task of story problem solving of linear program and guided interview), (c) determined research subject by employing initial ability test, (d) obtained subject research, (e) obtained data to reveal error characteristics in solving story problem of linear program, (f) conducted triangulation to obtain valid data, (g) conducted data analysis on errors in solving story problem of linear program based on initial ability, (h) discusses the result of analysis, and (i) concluded the result of the research. The Result of the study revealed that (1) there was no significant difference of errors between HS student and LS in solving story problem of linear program based on the initial ability, (2) the errors done by HS in solving story problem of linear program in step were a) comprehended the problem. At this stage, HS and LS had factual error characteristics in comprehending facts or terms stated explicitly, b) planned the solution. At this stage, HS and LS had fact error charecteristich in writing Math model, c) implemented the solution. At the stage, HS and LS had operational error xcharacteristic in solving the equation, SH and LS had misconception to determine the solution area, and HS an LS had principle error to determine the minimum value.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 06:50
Last Modified: 06 Dec 2016 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1595

Actions (login required)

View Item View Item