Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penalaran dan Pemecahan Masalah Berorientasi Open Ended pada Siswa Kelas VII IT2 SMP Negeri 33 Makassar

ARIFUDDIN, ARIFUDDIN (2014) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penalaran dan Pemecahan Masalah Berorientasi Open Ended pada Siswa Kelas VII IT2 SMP Negeri 33 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARIFUDDIN.docx

Download (28kB)

ABSTRAK ARIFUDDIN. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penalaran dan Pemecahan Masalah Berorientasi Open Ended pada Siswa Kelas VII IT2 SMP Negeri 33 Makassar(dibimbing oleh Djadir dan Muhammad Darwis). Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan tindakan-tindakan yang dilakukan dalam menerapkan Model Pembelajaran Penalaran dan Pemecahan Masalah yang berorientasi open ended problem pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VII IT2 SMP Negeri 33 Makassar, (2) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII IT2 SMP Negeri 33 Makassar dengan Model Pembelajaran Penalaran dan Pemecahan Masalah yang berorientasi open ended problem pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, (3) meningkatkan Hasil Belajar Matematika siswa kelas VII IT2 SMP Negeri 33 Makassar dengan Model Pembelajaran Penalaran dan Pemecahan Masalah yang berorientasi open ended problem pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas dua siklus yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan siswa, pemberian angket respons siswa, dan tes kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika setiap akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII IT2 SMP Negeri 33 Makassar yang berjumlah 38 orang siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran penalaran dan pemecahan masalah yang berorientasi open ended siswa kelas VII IT2 SMP Negeri 33 Makassar mencapai keberhasilan yaitu aktivitas yang mendukung proses belajar mengajar terus mengalami peningkatan dan aktivitas yang tidak relevan dengan kegiatan proses belajar mengajar berkurang dari pertemuan ke pertemuan berikutnya, bahkan di akhir siklus II sudah tidak tampak aktivtas yang tidak relevan dengan kegiatan proses belajar mengajar, (2) penerapan model pembelajaran penalaran dan pemecahan masalah yang berorientasi open ended siswa kelas VII IT2 SMP Negeri 33 Makassar dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII IT2 SMP Negeri 33 Makassar dalam pembelajaran matematika, hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan komunikasi matematika yang tergolong dalam kategori tinggi, (3) penerapan model pembelajaran penalaran dan pemecahan masalah yang berorientasi open ended siswa dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII IT2 SMP Negeri 33 Makassar dalam pembelajaran matematika, hal ini terlihat dari hasil persentase ketuntasan klasikal yaitu sebesar 86,84 %. ABSTRACT ARIFUDDIN. 2014. Improving Communication Skills and Mathematic Learning Outcomes Through the Application of the Reasoning and Problem Solving Learning Model Oriented in Open Ended in Class VII IT2 Students at SMP Negeri 33 Makassar(supervised by Djadir and Muhammad Darwis) This study aims (1) describe the treatment conducted in implementing reasoning learning and problem solving which oriented in open ended problem in materials linear equations and inequalities of one variable, (2) to improve math communication skills of students by implementing reasoning learning models and problem solving oriented in open ended problems in materials linear equations and inequalities of one variable, (3) to increase the matematics learning outcomes of students through reasoning learning and problem solving model which oriented in open ended problem on the material of linear equations and inequalities of one variable. This research is a classroom action research, which consists of two cycles through the stages of planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques used were observation on teacher and students activites, questionnaire of students responses, and test of communication ability and mathematics learning outcomes at the end of each cycle. The subjects were 38 students of class VII IT2 at SMP Negeri 33 Makassar in academic year 2013/2014. These results indicated that (1) the learning process of mathematics through reasoning and problem solving model oriented in open ended in class VII IT2 students at SMP Negeri 33 Makassar achieving success in terms of the activities that support the learning process are increased and activities that were irrelevant to the learning process activity recuded gradually in meetings. Even at the end of the second cycle, the irrelevant activities were not seen anymore, (2) the application of reasoning learning models and problem solving oriented in open ended can improve mathematical communication skills of students in class VII IT2 at SMP Negeri 33 Makassar, seen from the results of mathematical communication skills tests which was high category, (3) the application of reasoning learning models and problem solving oriented in open ended can improve students learning outcomes in Math, seen from the result of classical completeness by 86,84%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 06:47
Last Modified: 06 Dec 2016 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1593

Actions (login required)

View Item View Item