Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 3 Majene

DWI, INDRIANA (2014) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 3 Majene. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
DWI INDRIANA.docx

Download (11kB)

ABSTRAK DWI INDRIANA. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 3 Majene.Skripsi Program Studi Pendidikan IPS Terpadu Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dibimbing oleh Muhammad Zulfadli, SH. Mhum dan Dr. Ibrahim, S.Ag.M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pola asuh orang tua terhadap prestasi dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Majene untuk mengetahui gambaran tingkat prestasi siswa dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Majene untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Majene. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan populasi berjumlah 668 siswa, dan penarikan sampel ditetapkan sebanyak 15% dari populasi yang mengacu pada pendapat Arikunto dan menghasilkan sampel berjumlah 100 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran tingkat pola asuh orang tua siswa di SMP Negeri 3 Majene tergolong dalam kategori “cukup baik”, dan gambaran prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Majene tergolong dalam kategori “baik”. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang tergolong “rendah” antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Majene.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:56
Last Modified: 25 Apr 2016 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item View Item