PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SELF EFFICACY KEMAMPUAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNM

Nurhikmah H., Nurhikmah H. (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SELF EFFICACY KEMAMPUAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNM. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kurikulum dan Teknologi Pendidikan "KurTekPend", 1 (1). pp. 89-104. ISSN 2337-425X

[img]
Preview
Text
JURNAL KURTEKPEND 2013.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
peer reviewer Kurtekpend.pdf

Download (903kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen dan desainnya merupakan faktorial 2x2 versi nonequivalent control group design. Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh utama dan pengaruh interaksi variabel perlakuan terhadap hasil belajar mata kuliah Sosiologi Pendidikan pada mahasiswa S1 FIP UNM. Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 semester IV kurikulum dan Teknologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UNM yang berjumlah 80 orang (dua kelas). Data yang dikumpulkan diolah secara statistik inferensial dengan menggunakan teknik anova dua jalur 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan hasil belajar mata kuliah Sosiologi Pendidikan antara kelompok mahasiswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran berbasis internet web centric course dan kelompok mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) ada perbedaan hasil belajar mata kuliah Sosiologi Pendidikan antara kelompok mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer tinggi dan kelompok mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer rendah, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy kemampuan komputer terhadap hasil belajar tujuan kognitif pada mata kuliah Sosiologi Pendidikan pada mahasiswa S1 FIP UNM. Statistik deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer tinggi memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang memiliki self-efficacy kemampuan komputer rendah. Kata kunci : model pembelajaran, self-efficacy, kemampuan komputer, hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 27 Nov 2019 08:39
Last Modified: 15 Jan 2020 09:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15837

Actions (login required)

View Item View Item