Meningkatkan Kemampuan Siswa Menari Tari Kreasi Empat Etnis Sulawesi Selatan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Siswa Kelas X A MA DDI Cambalagi Maros.

HARDIANTI (2019) Meningkatkan Kemampuan Siswa Menari Tari Kreasi Empat Etnis Sulawesi Selatan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Siswa Kelas X A MA DDI Cambalagi Maros. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HARDIANTI.docx

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Hardianti, 2019. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menari Tari Kreasi Empat Etnis Sulawesi Selatan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Siswa Kelas X A MA DDI Cambalagi Maros. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reaseact), bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menari tari melalui materi tari kreasi dalam kegiatan ekstrakurikuler MA DDI Cambalagi Maros. Subjek penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler tari MA DDI Cambalagi Maros yang berjumlah 24 orang. Data peneliti diperoleh dengan metode deskriptif yaitu membandingkan hasil belajar sebelum tindakan dengan hasil belajar setelah tindakan. Kegiatan ekstrakurikuler yang dapat meningkatkan kemampuan siswa yaitu dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan masing- masing 4 kali pertemuan dan terbagi dalam 4 kali kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, terdiri dari 2 x 120 menit. Peningkatan kemampuan siswa dalam menari tari empat etnis melalui kegiatan ekstrakurikuler yaitu pada siklus I yaitu dengan nilai sangat baik belum ada yang mencapai, dengan nilai baik dicapai oleh 10 orang siswa, dengan nilai cukup dicapai oleh 11 orang siswa, sedangkan dengan nilai kurang dicapai oleh 3 orang siswa. Siklus II siswa yang mencapai nilai yang sangat baik dicapai oleh 6 orang siswa nilai baik dicapai oleh 13 orang siswa, nilai cukup dicapai oleh 5 orang orang siswa, sedangkan nilai kurang tidak siswa yang mencapai. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa kemampuan menari siswa melalui materi tari kreasi Empat Etnis Sulawesi Selatan dapat meningkat dengan presentase pada siklus I sebesar 9% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 45%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions:
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2020 05:26
Last Modified: 30 Jan 2020 05:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15835

Actions (login required)

View Item View Item