Manajemen Berbasis Sekolah

Arismunandar, Arismunandar and Nurhikmah H., Nurhikmah H. and Achmad, Widya Karmila Sari (2015) Manajemen Berbasis Sekolah. Cetakan 1, 1 (1). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, Makassar. ISBN 978-979-26-4898-0

[img]
Preview
Text
BUKU MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (1).pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
peer reviewer buku manajemen berbasis sekolah.pdf

Download (789kB) | Preview

Abstract

Kata Pengantar Kritik terhadap praktek manajemen sekolah yang selama ini terkesan birokratis, tidak transparan, dan tidak akuntabel merupakan salah satu alasan penting sehingga Manajemen berbasis Sekolah dianggap sebagai solusi yang efektif. Sentralisasi pendidikan amat kental karena hampir semua kewenangan-kewenangan dalam pengelolaan sekolah dikendalikan dari pemerintah pusat, mulai dari kurikulum hingga pengangkatan guru. Kepala Sekolah tidak diberikan kebebasan dalam mengelola sekolahnya, sementara Kepala Sekolah bertanggung jawab terhadap keberhasilan sekolah yang dipimpinnya. Di sisi lain, persekolahan di Indonesia menghadapi tantangan yang cukup berat. Adanya tuntutan dari masyarakat akan kualitas pendidikan adalah salah satu alasannya. Tingginya kompetisi internasional, semakin ketatnya seleksi penerimaan siswa/ mahasiswa, dan ujian nasional yang menentukan kelulusan siswa merupakan hal-hal yang menjadi dasar tuntutan akan kualitas persekolahan. Rendahnya kompetensi Kepala Sekolah juga berpengaruh terhadap kualitas pengelolaan sekolah. Hal ini disebabkan karena pemilihan Kepala Sekolah bukan berdasarkan pada kemampuan personal tetapi lebih kepada faktor kedekatan pada birokrasi setempat. Manajemen berbasis Sekolah diharapkan menjawab tuntutan kualitas persekolahan pada khususnya dan kualitas pendidikan di Indonesia pada umumnya. Secara garis besar buku ini membahas tentang Manajemen berbasis Sekolah yang di dalamnya mengurai tentang membangun komitmen belajar, konsep dasar manajemen berbasis sekolah, otonomi sekolah, peran serta Kepala Sekolah dalam pelibatan masyarakat, peran Kepala Sekolah dalam transparansi dan akuntabilitas. Konsep-konsep ini diharapkan dapat membantu pendidik utamanya Kepala Sekolah dalam memahami Manajemen berbasis Sekolah dan meningkatkan kompetensinya dalam mengelola sekolah yang pada prinsipnya bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Item Type: Book
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 27 Nov 2019 07:39
Last Modified: 07 Jan 2020 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15834

Actions (login required)

View Item View Item