MUSLIMAH BERCADAR (STUDI TENTANG PROSES INTERNALISASI DAN ADAPTASI SOSIAL MAHASISWI MUSLIMAH BERCADAR DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

Suharsih, Marta (2019) MUSLIMAH BERCADAR (STUDI TENTANG PROSES INTERNALISASI DAN ADAPTASI SOSIAL MAHASISWI MUSLIMAH BERCADAR DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Marta Suharsih, 2019. Muslimah Bercadar (Studi tentang Proses Internalisasi dan Adaptasi Sosial Mahasiswi Muslimah Bercadar di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar). Dibimbing oleh Azhari Ismail dan Hj. Musdaliah Mustadjar). Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) proses internalisasi mahasiswi muslimah bercadar, 2) adaptasi sosial mahasiswi muslimah bercadar di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah informan sebanyak 5 orang. Pemilihan informan dalam penelitian ini dengan cara purposive sampling dengan kriteria informan: a) mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar angkatan 2015-2017, b) mahasiswi muslimah bercadar, c) telah menggunakan cadar selama >5 bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pengabsahan data menggunakan ketekunana pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses internalisasi mahasiswi muslimah bercadar di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar dilakukan dengan melalui beberapa tahap yaitu tahap menyimak, tahap menanggapi, tahap menilai, tahap mengorganisasi dan tahap karakterisasi. 2) adaptasi sosial mahasiswi muslimah bercadar dilakukan dengan : a) Penampilan nyata; diwujudkan dalam bentuk keterampilan menjalin hubungan dan kesediaan untuk terbuka pada orang lain, b) Penyesuaian diri dengan kelompok; diwujudkan dalam bentuk kerjasama dan tanggungjawab sosial, c) Sikap sosial; diwujudkan dalam bentuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial, berempati, serta dapat menghormati dan menghargai orang lain. Kata Kunci : Mahasiswi Muslimah Bercadar, Proses Internalisasi, dan Adaptasi Sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Nov 2019 06:51
Last Modified: 27 Nov 2019 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15829

Actions (login required)

View Item View Item