Perbandingan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Awal Peserta Didik

NURHAYATI, NURHAYATI (2014) Perbandingan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Awal Peserta Didik. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NURHAYATI.docx

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK NURHAYATI. Perbandingan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Awal Peserta Didik (dibimbing oleh Tabrani Gani dan Sumiati Side) Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan hasil belajar pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan awal peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri I Lanrisang. Jenis penelitian adalah eksprimen semu. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri I Lanrisang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 57 peserta didik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS 20 menggunakan analisis Uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) rata-rata hasil belajar peserta didik pada pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 61,33, berkemampuan awal tinggi 69,90, dan berkemampuan awal rendah 48,87. Pada pembelajaran berbasis masalah rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 60,59, berkemmpuan awal tinggi 73,91, dan berkemampuan awal rendah sebesar 38,71, (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran berbasis masalah, (3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik berkemampuan awal tinggi pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran berbasis masalah, (4) tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik berkemampuan awal rendah pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran berbasis masalah, (5) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik berkemampuan awal tinggi dengan peserta didik berkemampuan awal rendah pada pembelajaran kooperatif tipe STAD, (6) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik berkemampuan awal tinggi dengan peserta didik berkemampuan awal rendah pada pembelajaran berbasis masalah. Kata kunci: STAD, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Awal, Hasil Belajar, Larutan Penyangga ABSTRACT NURHAYATI. 2014. The Comparison of Learning Outcomes between Cooperative Learning of STAD Type and Problem-based Learning based on Prior Ability of Studentds. (supervised by Tabrani Gani and Sumiati Side). The study aims at comparing the learning outcomes between cooperative learning of STAD type and problem-based learning based on prior ability of class XI IPA students at SMA I Lanrisang. The study a quasi expriment. The subjects were 57 sudents of class XI IPA at SMA I Lanrisang of academic year 2013/2014. The hypothesis test was conducted using SPSS version 20 program with Test-t. The results of the study revealt that (1) the mean of students’ learning outcomes using cooperative learning of STAD type is 61.33, high prior ability is 69,90, and low prior ability is 48,87. The mean of learning outcomes using problem-based learning is 60,59, high prior ability is 73,91, and low prior ability is 38,71, (2) there is no difference of students’ learning outcomes between cooperative learning of STAD type and problem based learning, (3) there is no difference of learning outcomes of students with high prior ability using cooperative learning of STAD type and problem-based learning, (4) there is no difference of learning outcomes of students with low prior ability using cooperative learning of STAD type and problem-based learning, (5) there are difference of learning outcomes of students with high prior ability and low prior ability using cooperative learning of STAD type, and (6) there are difference of learning outcomes of students with high prior ability and low prior ability in problem-based learning. Keyword : STAD, Problem Based Learning, Prior Ability, Learning Outcomes, Buffer Solution

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 03:03
Last Modified: 06 Dec 2016 03:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1581

Actions (login required)

View Item View Item