“Peningkatkan Kemampuan Bernyanyi Siswa Dengan Pemanfaatan Media Audio Visual Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara SMP Negeri 1 Enrekang.’’. Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar.

HALMAN, AYU HASMITA (2019) “Peningkatkan Kemampuan Bernyanyi Siswa Dengan Pemanfaatan Media Audio Visual Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara SMP Negeri 1 Enrekang.’’. Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HASMITA AYU HALMAN 1482041011.docx

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Hasmita Ayu Halman . 2019. ”Skripsi”. “Peningkatkan Kemampuan Bernyanyi Siswa Dengan Pemanfaatan Media Audio Visual Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara SMP Negeri 1 Enrekang.’’. Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Rumusan Masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan media audio visual mampu meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler paduan suara SMPN 1 Enrekang dan 2) Bagaimana peningkatan kemampuan bernyanyi siswa setelah diterapkan media audio visual melalui kegiatan ekstrakurikuler paduan suara SMPN 1 Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah Action research dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif meskipun pada analisis datanya juga menggunakan metode kuantitatif sederhana yang bertujuan untuk menggambarkan peningkatan kemampuan bernyanyi pada kegiatan ekstrakurikuler padua suara SMPN 1 Enrekang. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini, yakni 1) studi pustaka, 2) observasi, 3) tes, 4) dokumentasi, 5) Kemudian Hasil penelitian ini ditinjau dari perencanaan, penerapan atau pelaksanaan, pengamatan dan refleksi sampai pada mencapai kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yakni: pada realitanya siswa yang tergabung dalam ektrakurikuler ini mengalami kekurangan dalam menerima informasi tentang materi vokal yang disebabkan oleh tidak ketersdiaan pelatih yang mampu dalam bidang vokal, sehingga siswa mengalami pengurangan dalam kemampuan bernyanyi. 1) Pemanfaatan media audio visual pada kegiatan ekstrakulikuler paduan suara ini ternyata memberikan efek yang lebih baik. Penerapan pembelajarannya yang diterapkan untuk siswa yakni meliputi tiga tahap aktivitas yakni : tahap awal , tahap inti dan tahap akhir. Lagu yang dipilih untuk pengplikasian teori dari media audio visual ini adalah lagu mengheningkan cipta. pemanfaatan media audio visual dalam kegiatan ekstrakulikuler paduan suara ini sangat membantu jalannya proses transfer informasi ke siswa, sehingga pada realitanya siswa pun memberikan respon yang sangat baik dan antusias dalam proses pembelajaran. 2) Peningkatan kemampuan bernyanyi setelah penerapan media audio visual. Peningkatan kemampuan bernyanyi siswa dengan pemanfaatan media audio visual ini telah diukur dengan menggunakan lembar instrument penilaian yang diisi oleh observer sebagai penilai di masing-masing siklus. Adapun hasil dari lembar observasi dari kondisi prasiklus sampai di siklus 2 yang dimuat melalui tabel instrument penilaian, menunjukkan bahwa kemampuan bernyanyi siswa sudah mengalami peningkatan dengan melihat angka skor rata-rata hasil dari penilaian beberapa butir aspek penilaian yakni Intonasi, artikulasi, phrasering dan Dinamika , meningkat dengan angka 40,53 % kategori “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Divisions:
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:34
Last Modified: 27 Nov 2019 04:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15808

Actions (login required)

View Item View Item