Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik (studi pada materi pokok reaksi redoks di kelas X Matematika Sains SMA Negeri 1 Mattirosompe)

ALI, NURFAEDAH (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik (studi pada materi pokok reaksi redoks di kelas X Matematika Sains SMA Negeri 1 Mattirosompe). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NURFAEDAH ALI..docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK NURFAEDAH ALI. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik (studi pada materi pokok reaksi redoks di kelas X Matematika Sains SMA Negeri 1 Mattirosompe)(dibimbing oleh Ramlawati dan Munir Tanrere). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan pemahaman konsep antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (2) perbedaan pemahaman konsep peserta didik yang berkemampuan awal rrendah, sedang, dan tinggi (3) pengaruh antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep peserta didik. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Matematika Sains yang terdiri dari empat kelas SMA Negeri 1 Mattirosompe semester genap 2013/2014. Sampel dipilih secara acak dan terpilih dua kelas yaitu kelas X Matematika Sains 2 dan kelas X Matematika Sains 3. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan ANAVA dengan bantuan SPPS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap pemahaman konsep peserta didik dimana pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT hasil diperoleh lebih tinggi dibanding model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada materi pokok reaksi redoks di kelas X Matematika Sains SMA Negeri 1 Mattiro sompe ( 2) terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap pemahaman konsep peserta didik. Kemampuan awal yang tinggi memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap pemahaman konsep peserta didik dibandingkan kemampuan awal sedang dan rendah pada materi pokok reaksi redoks di kelas X Matematika Sains SMA Negeri 1 Mattiro sompe (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal rendah, sedang dan tinggi pada materi pokok reaksi redoks di kelas X Matematika Sains SMA Negeri 1 Mattiro sompe. ABSTRACT NURFAEDAH ALI. 2014. The Influence of Cooperative Learning Model and the Initial Ability the Comprehension oh Students’ Concept ( A Study on the Basic Material of Redox Reaction in Class X of Mathematics Science at SMA Negeri 1 Mattirosompe) (Supervised by Ramlawati and Munir Tanrere) This research aims to investigate (1) the difference of understanding the concept between the students who join the cooperative learning oh Teams Games Tournament (TGT) type and Make a Match, (2) the difference oh understanding the concept of the students who have high, medium, and low initial ability, (3) the influence between the learning model and the initial ability toward the understanding of students’ concept. This research is quasi experiment with 2 x 3 factorial design. The population of this research was the students of class X Mathematics Science which consisted of four classes at SMA Negeri 1 Mattirosompe of academic year 2013/2014 of the second semester. The sample if this research was chosen randomly and obtained two classed namely, class X Mathematics Science 2 and class X Mathematics Science 3. The test of hypothesis was conducted with ANAVA supported by SPSS 20. The results of this research show that (1) there is an influence of the cooperative learning model toward the understanding of studens’ concept, whereby the cooperative learning model of TGT type obtained higher result than the cooperative learning model of Make a Match A Study on the Basic Material of Redox Reaction in Class X of Mathematics Science at SMA Negeri 1 Mattirosompe, (2) there is influence of the students’ initial ability toward the understanding of students’ concept A Study on the Basic Material of Redox Reaction in Class X of Mathematics Science at SMA Negeri 1 Mattirosompe, (3) there is no interaction between learning model and the high, medium, and low initial ability A Study on the Basic Material of Redox Reaction in Class X of Mathematics Science at SMA Negeri 1 Mattirosompe.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:51
Last Modified: 06 Dec 2016 02:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1578

Actions (login required)

View Item View Item