Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif dan Kemampuan Awal terhadap hasil belajar peserta didik (studi pada materi pokok hidrólisis garam di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mare)

ASPIRAN, EVI (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif dan Kemampuan Awal terhadap hasil belajar peserta didik (studi pada materi pokok hidrólisis garam di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mare). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
EVI ASPIRANI.docx

Download (16kB)

ABSTRAK EVI ASPIRANI. Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif dan Kemampuan Awal terhadap hasil belajar peserta didik (studi pada materi pokok hidrólisis garam di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mare)(dibimbing oleh Tabrani Gani dan Ramdani). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe TPS dengan yang diajar dengan model pembelajaran koperatif tipe GI pada materi pokok hidrólisis garam di kelas XI IPA SMA Neg 1 Mare (2) perbedaan hasil belajar peserta didik yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah pada materi pokok hidrólisis garam di kelas XI IPA SMA Neg 1 Mare (3) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap hasil belajar kimia peserta didik pada materi pook hidrólisis garam di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mare. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran koperatif tipe TPS dan tipe GI Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mare semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Sampel dipilih secara acak dan diambil dua kelas dari lima kelas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varian dua arah GLM Univariat dengan bantuan program SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar kimia peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran koperatif tipe TPS dengan yang diajar dengan model pembelajaran koperatif tipe GI pada materi pokok hidrólisis garam di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mare (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang mempunyai kemampuan awal yang tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan awal yang tinggi memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam dibandingkan kemampuan awal yang sedang dan rendah (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik. ABSTRACT EVI ASPIRANI. The Influence of Cooperative Learning Models and Basic Skill toward Students Learning Outcome (study on the subject hydrolysis of salt in Class XI Science of SMA Negeri 1 Mare).(supervised by Tabrani Gani and Ramdani). This research aims (1) to identify the differences of chemistry learning outcomes between students who were taught by using cooperative learning type TPS and by using cooperative learning type GI on the subject matter hydrolysis of salt in ClassXI Science of SMA Negeri 1 Mare; (2) to fine out the differences of learning outcomes between students with high, fair, and low ability on the subject matter hydrolysis of salt in Class XI Science of SMA Negeri 1 Mare; (3) to know the interaction between learning model with the basic skill of student toward the learning outcomeso the subject matter hydrolysis of salt in Class XI Science of SMA Negeri 1 Mare. Learning model used in this research was cognitive learning of tipe TPS and type GI. The type of research is quasi eksperiment with factorial design of 2 x 3. Population of this research was XI grade students of SMA Negeri 1 Mare of the even semester academic year 2012/2013. Sample was taken randomly 2 of five classes. The hypothesis test was done by two way analysis of variance GLM Univariate by the assistant ofSPSS20 program. The result shoms that (1) there is no differences of chemistry learning outcomes between students who were taught by using cooperative learning type TPS and by using cooperative learning type GI on the subject matter hydrolysis of salt in ClassXI Science of SMA Negeri 1 Mare; (2) there is differences of learning outcomes between students with high, fair, and low ability. Student with high skill give a big influence of their learning outcomes than students with fair and low skill; (3) there is no interaction between learning model with the basic skill of student toward their learning outcomes.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:48
Last Modified: 06 Dec 2016 02:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item