PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA KELAS X DI SMK NEGERI 2 PANGKEP.

Ola, Andi Wetenri (2019) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA KELAS X DI SMK NEGERI 2 PANGKEP. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
OLA JURNAL 2.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Data diambil dengan menggunakan lembar observasi, dan tes hasil belajar siswa untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian model pembelajaran NHT menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan dan kualitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II, dimana terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa, yaitu 53,3% pada siklus I mengalami peningkatan mencapai 92% di siklus II dan pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model Numbered Head Together dengan keaktifan pada sintaks melalui penomoran, pengajuan pertanyaan, berpikir bersama, dan permberian jawaban dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada kelas X SMK Negeri 2 Pangkep. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bermanfaat, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk peneliti selanjutnya agar menerapkan model pembelajaran NHT di mata pelajaran lain. Selain itu pemerintah juga dapat menerapkan model pembelajaran ini pada sekolah–sekolah lain. Kata kunci: Kualitas Pembelajaran, Media Video Pembelajaran, Numbered Head Together

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Nov 2019 06:22
Last Modified: 25 Nov 2019 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15749

Actions (login required)

View Item View Item