Penerapan Pendekatan Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD UNM Kampus Parepare Pada Mata Kuliah PKn I

Tuken, Ritha and Pasinggi, Yonathan Saba' (2018) Penerapan Pendekatan Kontekstual (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD UNM Kampus Parepare Pada Mata Kuliah PKn I. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8 (2). pp. 132-136. ISSN 2088-2092

[img]
Preview
Text
jurnal publikasi vol.8 no.2, juni 2018.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
peer reviewer jurnal publikan vol 8 no 2 thn 2018.pdf

Download (618kB)
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan contekstul (CTL) yang dilakukan dosen dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran PKn1. Hal ini dilakukan untuk menentukan arah dan kebijakan dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran PKn1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif, jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang berlokasi di Prodi PGSD UNM Kampus Parepare. Pemilihan lokasi ini berdasarkan pertimbangan peneliti melihat penerapan pendekatan kontekstual teaching and learning (CTL) dalam mata kuliah PKn 1, oleh dosen masih kurang mampu diterapkan dengan baik. Prosedur Penelitian PTK yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) observasi, (2) Dokumentasi, (3) Wawancara, (4) tes. Analisis data merupakan upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan penerapan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian pada tes awal menunjukan bahwa kemampuan mahasiswa memahami materi pelajaran masih dalam kategori kurang, setelah dilakukan pembelajaran menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan hasil evaluasi pada siklus I berada pada kualifikasi cukup (c), penelitian dilanjutkan pada siklus ke II karena peneliti belum puasdengan hasil yang diperoleh pada siklus I, hasil evaluasi pada siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan hasilnya pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahawa penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran PKn1 dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa di Prodi PGSD UNM Kampus Parepare. Kata kunci: pendekatan contekstul (CTL), pembelajaran PKn1

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 21 Nov 2019 08:12
Last Modified: 20 Feb 2021 14:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15738

Actions (login required)

View Item View Item