Pengembangan Perangkat Pembelajaran Langsung Berbasis Pendekatan Kontekstual Dalam Materi Asam Basa Dan Garam di Kelas VII SMPN 29 Bulukumba

SYAH, ASRUDDIN IRWAN (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Langsung Berbasis Pendekatan Kontekstual Dalam Materi Asam Basa Dan Garam di Kelas VII SMPN 29 Bulukumba. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ASRUDDIN IRWAN SYAH.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK ASRUDDIN IRWAN SYAH. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Langsung Berbasis Pendekatan Kontekstual Dalam Materi Asam Basa Dan Garam di Kelas VII SMPN 29 Bulukumba . (dibimbing oleh Tabrani Gani dan Tinggi Banggali). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan kualitas perangkat pembelajaran langsung berbasis pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 29 Bulukumba Kabupaten Bulukumba dengan subjek penelitian pada kelas VII.1 yang memiliki jumlah siswa sebanyak 17 orang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model 4–D oleh Thiagarajan. Hasil validasi oleh pakar diperoleh bahwa perangkat pembelajaran langsung berbasis pendekatan kontekstual berada pada kategori valid. Selanjutnya,Hasil analisis pengamatan keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran langsung berbasis pendekatan kontekstual memenuhi kriteria praktis. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif, yakni: (1) hasil belajar kimia telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan persentase 88,24%, sehingga ketuntasan klasikal juga tercapai, (2) Aktivitas peserta Didik berada pada batas toleransi yang ditetapkan, (3) kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori tinggi, dan (4) respon siswa memenuhi kriteria respon positif. ABSTRACT ASRUDDIN IRWAN SYAH. Development Of Direct Learning Tools Based On Contextual Approach In Acid, Base And Salt Lesson Material In Class VII At SMPN 29 Bulukumba (supervised by Tabrani Gani and Tinggi Banggali) The study aims at examining the process of development and the quality of direct leraning tools with contextual approach basis. The study was conducted in class VII.I at SMPN 29 Bulukumba in Bulukumba district with as many as 17 students. Development model used in this study referrred to the 4-D model by Thiagarajan. The results of the validation by experts foud that the direct learning tools based on contextual approach is in valid category. the results of observation analysis on the implementation of learning indicated that that direct learning tools based on contextual approach has meet the criteria of practical. The results of tryout indicated that learning tools has met the criteria effective, namely: (1) the learning result of chemistry has met the criteria minimal completeness with percentages 88,24%, so the classical completeness was achieved, (2) student’ activity was on the set tolerance limit, (3) teachers’ ability in managing the learning was in high category, and (4) students responses met the criteria of positive response.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:39
Last Modified: 06 Dec 2016 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1573

Actions (login required)

View Item View Item