PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS VII SMP 1 PANGSID

Yuliani, Yuliani (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS VII SMP 1 PANGSID. Masters thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Yuliani.docx

Download (15kB)

Abstract

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS VII SMP 1 PANGSID . (The Development of Environment-based Learning Tools on Ecosystem Concept in Class VII at SMP 1 Pangsid) Oleh ;Yuliani”, Yusminah Hala”, Alimuddin Ali” 1.Magister, Guru SMP 1 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang 2. Professor, Guru Besar Pasca Sarjana Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Makassar. 3. Doktor, Dosen Pasca Sarjana Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Makassar. ABSTRAK Penilitian ini termasuk penilitian pengembangan (Researth and Development) R & D yang bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran IPA berbasis lingkungan dengan model pembelajaran discovery learning pada konsep ekosistem yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model dari Thiagarajan (Four-D) yang terdiri dati 4 tahap yaitu : (1) Define (pendefinisian) (2) Design (peraancangan) (3) Develop (pengembangan) dan (4) Dessiminate (penyebaran). Uji coba perangkat pembelajaran dilakasanakan pada peserta didik kelas VII SMP 1 pangsid. Semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan, angket, dan tes hasil belajar. Kemudian data dianalisis deskriftif. Pada tahap pengembangan prototipe I divalidasi oleh para ahli. Hasil validasi ahli menunjukan perangkat pembelajaran berbasis lingkungan dengan model pembelajaran discovery learning pada konsep ekosistem kelas VII SMP 1 Pangsid telah memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan analisis pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran pada saat uji coba dilapangan dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan.Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi 4 syarat kriteria keefektifan yaitu: (1) aktivitas peserta didik berada dalam rentang waktu ideal, (2) pengelolaan pembelajaran berada pada kategori baik, (3) hasil belajar peserta didik telah tuntas secara klasikal karena minimal 85% peserta didik mencapai skor minimal 75. (4) respon peserta didik terhadap pembelajaran, lembar kerja peserta didik, dan buku bacaan peserta didik positif. Pada penilitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) lembar kerja peserta didik (LKPD), (3) buku bacaan peserta didik (BPD). Setelah dilakukan validasi dan uji coba maka perangkat pembelajaran tersebut dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran konsep ekosistem. Kata kunci; perangkat pembelajaran, lingkungan, ekosistem. ABSTRACT This study was a research and development (R & D) aimed at obtaining a valid, practical, and effective environment-based learning tools through discovery learning approach on the concept of ecosystem. The development of learning tools used the model of Thiagarajan’s (Four-D) consisted of 4 phases, namely defining phase, design phase, development phase, and dissemination phase. The learning tools was conducted to students of class VII at SMP 1 Pangsid of the first semester of academic year 2014/2015. Date were collected through observation sheets, questionnaires, and achievement test. The data were then analyzed descriptively. The development of the first prototype was validated by the experts. The results showed that the learning tools had met the criteria of validity. Based on the observation analysis on the implementation of learning tools, it was concluded that learning tools developed had met the criteria of practical. It was also fulfilled the criteria of effectiveness, namely: (1) the activities of learners were in an ideal frame time; (2) the learning management was in good category; (3) the students’learning achievement had been completed classically because 85% of students achieved the minimum score of 75, (4) the students’ response towards the learning , students’ worksheet, and textbook was positive. This research produces learning tools comprising: (1) lesson plan, (2) students’ worksheet, (3) students’ textbook. After the validation and testing were conducted, the learning tools developed was confirmed as valid, practical, and effective that could be used in the ecosystem concept subject. Key words; Learnig Tools, Environmen, Ecosystem.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > Kependudukan dan Lingk. Hidup (s2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:32
Last Modified: 06 Dec 2016 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1571

Actions (login required)

View Item View Item