Meningkatkan kemampuan aransemen Seni musik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe group investigation pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bulutaba.

Ihsan,, Andi (2019) Meningkatkan kemampuan aransemen Seni musik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe group investigation pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bulutaba. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Skripsi Irfan Efendi.docx

Download (9MB)

Abstract

Irfan Efendi S.Mas, 2019. Meningkatkan kemampuan aransemen Seni musik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe group investigation pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bulutaba. Skripsi. Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah hasil ketuntasan belajar Seni Budaya siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bulutaba secara klasikal dalam pembelajaran Seni Budaya belum mencapai nilai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation yang dapat meningkatkan hasil belajar seni musik pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bulutaba (2) Bagaimana peningkatan kemampuan aransemen siswa kelas XI IPA 1 setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dari Bulan. Penelitian ini terdiri atas dua siklus disesuaikan dengan materi yang sedang berjalan di sekolah. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, tes unjuk kerja dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran seni budaya dan tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar pada siklus I dan II. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran group investigation terhadap mata pelajaran ini dapat diterima dengan baik. Ini terlihat dari siswa yang awalnya malu mengemukakan pendapatnya depan kelas, akhirnya lebih berani dan percaya diri mengemukakan pendapatnya didepan kelas. Model pembelajaran ini memotivasi siswa untuk aktif dan terus belajar dalam proses pembelajaran. Disamping itu siswa menjadi lebih aktif, antusias dan tertarik mengikuti proses pembelajaran seni musik dimana siswa mampu bekerja sama dengan anggota kelompoknya serta mampu meningkatkan tanggung jawab individu maupun kelompok. Adapun hasil belajar seni musik siswa sebagai baerikut. Rata-rata nilai siswa adalah 55,79% di kondisi prasiklus, 70,91 disiklus I, 77,5 di siklus II. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah apabila minimal 75% siswa mencapai nilai KKM yaitu 70. Data ketuntasan belajar klasikal secara berturut-turut adalah 9,09% di kondisi prasiklus, 45,45% pada siklus I, dan pada siklus II 86,36%. Data-data di atas ditafsirkan dengan rentang kualitatif menunjukkan kategori sangat kurang pada kondisi prasiklus, kurang di kondisi siklus I, sangat baik di siklus II. Berdasarkan data-data di atas dapat ditunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar seni musik pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bulutaba Tahun Pelajaran 2018-2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions:
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2019 02:39
Last Modified: 12 Dec 2019 04:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15709

Actions (login required)

View Item View Item