Kemampuan Membentuk Karya Tiga Dimensi Berbahan Sabun dalam Materi Pelajaran Seni Rupa Siswa Kelas IX SMPN 3 Buton Tengah.

Yabu M and Muh. Saleh Husain (2019) Kemampuan Membentuk Karya Tiga Dimensi Berbahan Sabun dalam Materi Pelajaran Seni Rupa Siswa Kelas IX SMPN 3 Buton Tengah. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SKRIPSI RAMDAYANTI.docx

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK RAMDAYANTI. 2019. Kemampuan Membentuk Karya Tiga Dimensi Berbahan Sabun dalam Materi Pelajaran Seni Rupa Siswa Kelas IX SMPN 3 Buton Tengah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh: Yabu M dan Muh. Saleh Husain) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Kemampuan membentuk karya tiga dimensi berbahan sabun dalam materi pelajaran seni rupa siswa kelas IX SMPN 3 Buton Tengah dan (2) Kualitas karya tiga dimensi dari bahan sabun dalam mata pelajaran seni budaya siswa kelas IX SMP Negeri 3 Buton Tengah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kualitatif adalah berfokus pada objek secara utuh, melibatkan manusia sebagai pengumpul data secara induktif, menyusun teori, deskriptif, dan ada kriteria khusus untuk keabsahan data. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 66 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX. C sebanyak 24 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes/praktik, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: (1) kemampuan membentuk karya tiga dimensi menggunakan media sabun siswa kelas IX. C SMPN 3 Buton Tengah secara keseluruhan sudah baik, perolehan nilai akhir yang dicapai tidak ada siswa yang mendapatkan nilai rendah dan sangat rendah. (2) kualitas karya membentuk berbahan sabun dari setiap individu siswa kelas IX. C SMPN 3 Buton Tengah dilihat dari cara siswa menerapkan teknik pahat/ukir dengan menggunakan alat pisau, dan bambu yang telah diruncingkan, dari hasil penelitian sebagian besar siswa kelas IX.C memahami proses pembentukkan karya tiga dimensi menggunakan media sabun yang sebelumnya telah dijelaskan oleh guru mata pelajaran seni budaya tentang proses pembentukkannya. Sehingga siswa mampu membentuk karya tiga dimensi menggunakan media sabun dengan menggunakan teknik pahat/ukir, dengan tekun dan percaya diri

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions:
Depositing User: Users 2477 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:14
Last Modified: 27 Nov 2019 04:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15668

Actions (login required)

View Item View Item