Peningkatan Hasil Belajar Kemampuan Dasar Menendang Bola Dalam Permainan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Pada Siswa Kelas V SD Inpres Pabaeng-Baeng Kota Makassar

ASHAR, ASHAR (2014) Peningkatan Hasil Belajar Kemampuan Dasar Menendang Bola Dalam Permainan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Pada Siswa Kelas V SD Inpres Pabaeng-Baeng Kota Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ASHAR.docx

Download (15kB)

ABSTRAK ASHAR. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Kemampuan Dasar Menendang Bola Dalam Permainan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Pada Siswa Kelas V SD Inpres Pabaeng-Baeng Kota Makassar (Komisi Penasehat: Prof. Dr. H. Andi Ihsan, M.Kes dan Dr. Imam Suyudi, M.Pd) Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kemampuan dasar menendang bola dalam permainan sepak bola melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada siswa kelas V SD Inpres Pabaeng-baeng Kota Makassar, pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 39 orang peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi atau refleksi. Siklus I maupun siklus II dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, LKS dan tes akhir belajar pada tes akhir siklus I dan akhir siklus II. Data yang terkumpul, dianalisis secara kuantitatif. Hasil analisis kuantitatif data hasil belajar kemampuan menendang bola dalam permainan sepak bola menunjukkan bahwa siswa yang tuntas belajarnya pada siklus I adalah 26 orang atau 66,66% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 13 orang atau 33,33%. Pada siklus II siswa yang tuntas hasil belajarnya 39 orang atau 100%. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SD Inpres Pabaeng-baeng Kota Makassar yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjasorkes dengan materi kemampuan dasar menendang bola dalam permainan sepak bola melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Hasil belajar penjasorkes, aktivitas belajar siswa, kemampuan dasar menendang bola dalam permainan sepak bola dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) ABSTRACT ASHAR. 2014. The Improvement of Learning Result of Kicking Ball Basic Competence in Football through Cooperative Learning Model of Teams Games Tournaments of Grade V Students at SD Inpres Pabaeng-baeng in Makassar (supervised by Prof. Dr. H. Andi Ihsan, M.Kes and Dr. Imam Suyudi, M.Pd) The study is a classroom action research which aims at examining the improvement of learning result of kicking ball basic competence in football through cooperative model of Teams Games Tournaments (TGT) type to 39 grade V students of the second semester of academic year 2013/2014 at SD Inpres Pabaeng-baeng in Makassar. The study was conducted in two cycles which consisted of four activities, namely the planning, action, observation, evaluation of reflection. Cycle I and II were conducted in four meetings. Data were collected by employing observation sheet, student’s worksheet, and test of final test at the end of cycle I and cycle II. Data collection was analyzed quantitatively and the results revealed that students who master the learning in cycle I was 26 students or 66.66% whereas students who did not master the learning was 13 students or 33.33%. in cycle II, students who master the learning was 39 students or 100%. The result of analysis also indicated that there was significant improvement of learning activity of grade V students at SD Inpres Pabaeng-baeng in Makassar. The conclusion based on the study is Penjasorkes learning with kicking ball basic competence in football by employing cooperative learning model of TGT type can improve students’ learning result. Keywords: Learning result of penjasorkes, students’ learning activity, kicking ball basic competence in football, and cooperative learning model of Teams Games Tournament (TGT) type

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pend. Jasmani dan Olahraga
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:02
Last Modified: 06 Dec 2016 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1562

Actions (login required)

View Item View Item