Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pembelajaran Penjasorkes terhadap perubahan karakter peserta didik kelas V SDI BATANG KALUKU Kab.Gowa

Bausad, Andi Anshari (2013) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pembelajaran Penjasorkes terhadap perubahan karakter peserta didik kelas V SDI BATANG KALUKU Kab.Gowa. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
AndiAnshariBausad.docx

Download (17kB)

ABSTRAK AndiAnshariBausad, 2013. Implementasi Model PembelajaranKooperatifPadaPembelajaranPenjasorkesterhadapperubahankarakterpesertadidikkelas V SDI BATANG KALUKU Kab.Gowa(DibimbingolehAndiIhsandanNukhrawiNawir). Penelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (classroom action research) yang bertujuanuntukmengetahuipeningkatankualitaskarakrterpesertadidik yang pada semester sebelumnyamenggambarkankualitas yang cukuprendahmelaluipengimplementasian model pembelajarankooperatifpada semester genaptahunajaran 2012/2013padapesertadidikkelasV SDI BatangKaluku yang terdiridari 20pesertadidiklaki-lakidan 20 pesertadidikperempuan. penelitianinidilakukanselamaduasiklus yang terdiridariempattahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi, danrefleksi. Pelaksanaantindakandanobservasi (aktivitaspesertadidik) dilakukansebanyaktiga kali pertemuandansetelahnyadilakukanevaluasidandisetiapakhirsiklusdiadakanrefleksiuntukmengetahuikekurangan yang terjadi di siklus yang telahdilaksanakandanmelakukanperbaikanuntuksiklusselanjutnya. Pengumpulan data kualitaskarakterpesertadidikdilakukandenganevaluasimenggunakankusionernilai-nilaipendidikankarakterpadaakhirpertemuandisiklus I dansiklus II.Data yang terkumpuldianalisissecarakuantitatifdankualitatifdengandengananalisisdeskriptif.Hasilanalisismenunjukkanbahwajumlahpesertadidikdengankualitaskarakter yang mencapaiindikatorkeberhasilansesuaidenganstandarketuntasan minimal (70%)adalahsebanyak 38 pesertadidik (95%), denganrincian yang mencapaikategorisangatbaikadalah 22pesertadidik (55%) dankategoribaikadalah 16pesertadidik (40%.)Sedangkanpesertadidik yang belummencapaiindikatorkeberhasilan yang telahditentukansebanyak 2 pesertadidik (5%).Hasilanalisisterhadapobservasi yang dilakukanmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatanaktivitasbelajarpesertadidikkelas V SDI BATANG KALUKU Kab.Gowadarisiklus I kesiklus II. Berdasarkanhasilpenelitian yang diperolehmakadapatdisimpulkanbahwaimplementasi model pembelajarankooperatifpadapembelajaranpendidikanjasmani, olahragadankesehatandapatmeningkatkanaktivitasbelajarkelompokpesertadidikdankualitaskarakterpesertadidik. Kata kunci : Model PembelajaranKooperatif, aktivitasbelajarkelompokpesertadidikdankualitaskarakterpesertadidik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pend. Jasmani dan Olahraga
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 01:58
Last Modified: 06 Dec 2016 01:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1560

Actions (login required)

View Item View Item