Pengaruh Metode Pembelajaran Langsung dengan Metode Pembelajaran Kooperatif terhadap Kemampuan Passing Atas pada Permainan Bolavoli Murid SD Inpres Bontojai Kota Makassar

AHMAD, AHMAD (2013) Pengaruh Metode Pembelajaran Langsung dengan Metode Pembelajaran Kooperatif terhadap Kemampuan Passing Atas pada Permainan Bolavoli Murid SD Inpres Bontojai Kota Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Ahmadd.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK AHMAD. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Langsung dengan Metode Pembelajaran Kooperatif terhadap Kemampuan Passing Atas pada Permainan Bolavoli Murid SD Inpres Bontojai Kota Makassar. (Dibimbing oleh H. Andi Suyuti dan Suwardi). Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran langsung terhadap kemampuan passing atas permainan bolavoli murid SD Inpres Bontojai Kota Makassar. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan passing atas permainan bolavoli murid SD Inpres Bontojai Kota Makassar. (3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran langsung dan metode pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan passing atas permainan bolavoli murid SD Inpres Bontojai Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasinya adalah seluruh murid SD Inpres Bontojai dengan sampel 30 orang. Selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik matching ordinal, yaitu untuk kelompok metode pembelajaran langsung 15 orang dan metode pembelajaran kooperatif 15 orang. Teknik penentuan sampel yaitu teknik sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t berpasangan dan uji-t tidak berpasangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran langsung terhadap kemampuan passing atas murid SD Inpres Bontojai Kota Makassar dengan thitung sebesar 16,387 dan ttabel diperoleh nilai sebesar 2,145 (0.000 < α 0,05,); (2) terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan passing atas murid SD Inpres Bontojai Kota Makassar dengan thitung sebesar 13,414 dan ttabel diperoleh nilai sebesar 2,145 (0.000 < α 0,05,); (3) metode pembelajaran langsung lebih baik meningkatkan kemampuan passing permainan bolavoli atas secara signifikan dari pada metode pembelajaran kooperatif murid SD Inpres Bontojai Kota Makassar dengan thitung sebesar 2,217 dan nilai ttabel 2,048 (0,035 < 0,05). ABSTRACT AHMAD. 2013. The Influence Of Direct Learning Method and Cooperative Learning Method Towards Passing Over Ability of Students in Volleyball At SD Inpres Bontojai in Makassar (Supervised by H. Andi Suyuti And Suwardi). The study aimed at examining (1) the influence of direct learning method towards passing over ability of students in Volleyball at SD Inpres Bontojai in Makassar, (2) the influence of coopeartive learning method towards passing over ability of students in Volleyball at SD Inpres Bontojai in Makassar, (3) to determine the effect if differences direct learning method and coopeartive learning method towards passing over ability of students in Volleyball at SD Inpres Bontojai in Makassar. The study was an experiment research. The populations 30 students elementary students at SD Inpres Bontojai in Makassar. The students were divided into two groups by applying matching oridinal technique to 15 students with direct learning method and 15 students with cooperative learning method. The samples were selected by employing saturated sample technique. Data were analyzed by employing pair t-test and individual t-test. The conclusions based on the results of the study were (1) there was significant influence of direct learning method towards passing over ability of students at SD Inpres Bontojai in Makassar with the tcount 16.387 and the ttable 2.145 (0.00 < 0.05), (2) there was significant influence of cooperative learning method towards passing over ability of students at SD Inpres Bontojai in Makassar with the tcount 13.414 and the ttable 2.145 (0.00 < 0.05), (3) direct learning method was better in improving passing over significantly than cooperative learning method of elementary students at SD Inpres Bontojai in Makassar with tcount 2.217 and the ttable 2.048 (0.35 < 0.05)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pend. Jasmani dan Olahraga
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 01:50
Last Modified: 06 Dec 2016 01:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1559

Actions (login required)

View Item View Item