Pengaruh Media Visual Dan Konvensional Terhadap Kemampuan Renang Gaya Bebas 20 Meter Pada Siswa Smp Nusantara Makassar

AHMAD, AHMAD (2016) Pengaruh Media Visual Dan Konvensional Terhadap Kemampuan Renang Gaya Bebas 20 Meter Pada Siswa Smp Nusantara Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
AHMAD.docx

Download (14kB)

Pengaruh Media Visual Dan Konvensional Terhadap Kemampuan Renang Gaya Bebas 20 Meter Pada Siswa Smp Nusantara Makassar AHMAD ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Pretest-Posttest Group Design dengan menggunakan kelompok kontrol.Populasinya adalah siswa putra kelas II (dua) SMP Nusantara Makassar sebanyak 80 orang.Jumlah sampel yang digunakan adalah 45 orang dan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok pembelajaran media visual, kelompok pembelajaran konvensional, dan kelompok kontrol.Setiap kelompok terdiri dari 15 orang siswa.Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah secara acak (randomsampling).Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan inferensial dengan uji-t pada taraf signifikan 95% atau 5% Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran media visual terhadap kemampuan renang gaya bebas 20 meter pada siswa SMP Nusantara Makassar, (2) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran konvensional terhadap kemampuan renang gaya bebas 20 meter pada siswa SMP Nusantara Makassar, (3) untuk mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran media visual dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan renang gaya bebas 20 meter pada siswa SMP Nusantara Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh pembelajaran media visual terhadap kemampuan renang gaya bebas 20 meter pada siswa SMP Nusantara Makassar, telah dibuktikan bahwa nilai t-hitung = 4.575 lebih besar dari nilai t-tabel = 2.145 dengan tingkat signifikan (0.000) < 0.05, (2) ada pengaruh pembelajaran konvensional terhadap kemampuan renang gaya bebas 20 meter pada siswa SMP Nusantara Makassar, telah dibuktikan bahwa nilai t-hitung = 8.664 lebih besar dari nilai t-tabel = 2.145 dengan tingkat signifikan (0.000) < 0.05. dan (3) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran media visual dan konvensional terhadap kemampuan renang gaya bebas 20 meter pada siswa SMP Nusantara Makassar, telah dibuktikan bahwa nilai t-hitung = 2.726 lebih besar dari nilai t-tabel = 2.048 dengan tingkat signifikan (0.011) < 0.05. ABSTRACT The study aims at examining (1) the influence of visual media learning on20 meter freestyle ability of students at SMP Nusantara Makassar, (2) theinfluence of conventional media learning on 20 meter freestyle ability of studentsat SMP Nusantara Makassar, and (3) the difference of the influence of visual andconventional media leaming on 20 rneter freestyle ability of students at SMPNusantara Makassar. The study is an experiment research which employed randomized pretest-posttestgroup design. The population was grade 80 grade II male students at SMPNusantara Makassar. The samples were 45 students which divided into three groups, namely visual media learning group, conventional learning group, andcontrol group. Each of groups consisted of 15 students. Samples were taken byemploying random sampling technique. Data were analyzed by using descriptiveanalysis and inferential analysis with t-test at the level of significance 95% or 5%. The results of the study reveal that (1) there is influence of visual medialearning on 20 meter freestyle ability of students at SMP Nusantara Makassar, proved by tcount= 4.575 greater thtto ttable = 2.145 with the level of significance(0.000) < 0.05; (2) there is influence of conventional learning on 20 meterfreestyle ability of students at SMP Nusantara Makassar, proved by tcount = 8.664greater than ttable = 2.145 with the level of significance (0.000) < 0.05; and (3)there is significant influence between visual and conventional media leaming on20 meter freestyle ability of students at SMP Nusantara Makassar, proved by tcount = 2.827 greater than ttable= 2.145 with the level of significance (0.01 3) < 0.05. Key-words: visual media, conventional, freestyle ability.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pend. Jasmani dan Olahraga
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 01:47
Last Modified: 06 Dec 2016 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1558

Actions (login required)

View Item View Item