PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 11 MAKASSAR

Supriadi, Muslimah (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 11 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Skripsi_MUSLIMAH SUPRIADI_UNM.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Structured Dyadic Methods (SDM) terhadap Keaktifan Belajar Siswa kelas XI SMAN 11 Makassar. Variable dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Structured Dyadic Methods (SDM) sebagai variabel bebas dan Keaktifan belajar sebagai variabrl terikat. Populasi yaitu keseluruhan siswa kelas XI IIS, sementara sampelnya yaitu siswa kelas XI IIS 2 sebanyak 36 siswa, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis keabsahan data dan analisis statistik data dengan bantuan Program SPSS 24.0 for windows.Hasil analisis regresi sederhana Y = 7,701 + 0.198X dimana konstanta dengan nilai 7,701 yang berarti bahwa jika model Structured Dyadic Methods (SDM) nilainya nol, maka keaktifan belajar nilainya 7,701, sedangkan koefisien regresi X sebesar 0,198 bernilai positif, yang berarti bahwa jika model Structured Dyadic Methods (SDM) mengalami peningkatan 1 satuan, maka keaktifan belajar juga akan mengalami kenaikan sebesar 0.198. Dari hasil analisis Product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,387 yang berada pada interval 0,200 – 0,399 yang memiliki tingkat pengaruh rendah antara model Structured Dyadic Methods (SDM) terhadap keaktifan Belajar siswa. Melalui uji-t pada kolom signifikan menunjukkan bahwa nilai probabilitas 0,02<0,05. Dengan demikian dapat dinyatakn bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Kata Kunci : Model Structured Dyadic Methods (SDM), Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Nov 2019 01:50
Last Modified: 18 Nov 2019 01:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15575

Actions (login required)

View Item View Item