TARIAN TRADISIONAL “CACI” PADA MASYARAKAT FLORES DI DESA BANGKA KULENG KECAMATAN POCORANAKA KABUPATEN MANGGARAI TIMUR PROPINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Frans, Agustinus (2019) TARIAN TRADISIONAL “CACI” PADA MASYARAKAT FLORES DI DESA BANGKA KULENG KECAMATAN POCORANAKA KABUPATEN MANGGARAI TIMUR PROPINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Agustinus Frans, 2019. Tarian Tradisional “Caci” Pada Masyarakat Flores Di Desa Bangka Kuleng Kecamatan Pocoranaka Kabupaten Manggarai Timur Propinsi Nusa Tenggara Timur. Skripsi fakultas ilmu sosial program studi ilmu sosial universitas negeri makassar. Dibimbing Bapak Dr. Ibrahim, S.Ag. M.Pd. dan bapak Dr. Herman, S.Pd. M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) urgensi tarian tradisional caci terhadap masyarakat flores di desa bangka kuleng kecamatan pocoranaka kabupaten manggarai timur propinsi nusa tenggara timur (2) upaya melestarikan kebudayaan tarian tradisional caci pada masyarakat flores kecamatan pocoranaka kabupaten manggarai timur propinsi nusa tenggara timur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi kemudian dilakukan teknik data yakni kualitatif melalui tahapan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) urgensi tarian tradisional caci terhadap masyarakat flores di desa bangka kuleng kecamatan pocoranaka kabupaten manggarai timur propinsi nusa tenggara timur memiliki nilai-nilai budaya yang sangat menjunjung tinggi etika moral kemanusian, tarian caci bagi sosial sangat besar perannya bagi masyrakat karena adanya tarian caci ini dapat mempertemukan kedua desa dan memperkuat rasa kekeluargaan, tarian caci bagi perekonomian juga sangat membantu karna dapat menarik para wisatawan dating untuk menyaksikan tarian caci. (2) upaya melestarikan kebudayaan tarian tradisional caci pada masyarakat flores kecamatan pocoranaka kabupaten manggarai timur propinsi nusa tenggara timur mengajak masyarakat flores untuk lebih berpartisipasi dalam event tarian caci ini dan juga mengajarkan pada usia dini tentang tarian caci.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Nov 2019 01:29
Last Modified: 18 Nov 2019 01:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15570

Actions (login required)

View Item View Item