PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 18 BULUKUMBA

Hijrah, Hijrah (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 18 BULUKUMBA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnalku hijrah.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) difokuskan pada pengembangan modul pembelajaran Fisika yang valid dan efektif serta responsi positif dari peserta didik. Subjek ujicoba penelitian pada pengembangan modul pembelajaran Fisika adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 18 Bulukumba. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, yang terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran terbatas (disseminate). Bahan ajar yang dikembangkan telah divalidasi oleh dua orang ahli/pakar dengan mendapatkan hasil sedikit revisi, sehingga layak untuk digunakan. Ujicoba dilakukan di SMAN 18 Bulukumba untuk menganalisis respon, efektifitas dan hasil belajar peserta didik terhadap modul pembelajaran Fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran Fisika yang dikembangkan termasuk kategori reliabel dan valid yang diperoleh dari penilaian hasil validasi ahli/pakar. Persentase respon peserta didik terhadap modul pembelajaran Fisika meliputi 41,18% berada pada rentang (51-75) dengan kategori baik dan 58,82% berada pada rentang (76-100) dengan kategori sangat baik. Sedangkan persentase respon guru terhadap modul pembelajaran Fisika paling tinggi berada pada kategori sangat baik untuk masing-masing indikator meliputi 60,00% isi/materi, penyajian 67,00% dan pada indikator ilustrasi, kelengkapan, fisik keterlaksanaan masingmasing 100%. Ketercapaian hasil belajar Fisika pada materi Momentum dan Impuls 88,23% yang berada pada rentang nilai 70-100 yang melampaui syarat minimal ketercapaian hasil belajar Fisika sebesar 85,00% dengan KKM 70. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Fisika yang dikembangkan dinyatakan reliabel, valid dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Fisika. Kata kunci: modul, respon, valid, efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Nov 2019 01:31
Last Modified: 18 Nov 2019 01:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15569

Actions (login required)

View Item View Item