Analisis penerapan pendidikan karakter terhadap pembelajaran IPS di kelas tinggi SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar

SUPARDI, R. (2014) Analisis penerapan pendidikan karakter terhadap pembelajaran IPS di kelas tinggi SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
R. Supardi. 2014..docx

Download (17kB)

ABSTRAK R. SUPARDI. Analisis penerapan pendidikan karakter terhadap pembelajaran IPS di kelas tinggi SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. (Dibimbing oleh pembimbing I, Hasnawi Haris dan pembimbing II, Imam Suyitno). Dalam rangka pembentukan karakter murid sehingga beragama, beretika, bermoral dan sopan santun dalam berinteraksi dengan masyarakat, maka pendidikan harus disiapkan, dilaksanakan dan dievaluasi dengan mengintegrasikan pendidikan karakter didalamnya khususnya pendidikan IPS. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana wujud/bentuk (integrasi) penerapan Pendidikan Karakter terhadap pembelajaran IPS di kelas tinggi? (ii) Materi dan metode apa saja yang diberikan dalam penerapan Pendidikan Karakter terhadap pembelajaran IPS di kelas tinggi? (iii) Bagaimana bentuk evaluasi Pendidikan Karakter di kelas tinggi dalam pembelajaran IPS? (iv) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pendidkan karakter? Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui wujud/bentuk (integrasi) penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di kelas tinggi; (ii) Untuk mengetahui materi dan metode apa saja yang diberikan dalam penerapan Pendidikan Karakter terhadap pembelajaran IPS di kelas tinggi; (iii) Untuk mengetahui bentuk evaluasi Pendidikan Karakter di kelas tinggi (kelas 4-6) dalam pembelajaran IPS; (iv) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Bentuk Integrasi pendidikan karakter pada murid kelas tinggi, melalui kegiatan Pembelajaran IPS (formal) maupun diluar jam pembelajaran (nonformal); (ii) Materi yang diberikan di kelas 4, teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi. Di kelas 5, perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Di kelas 6, peranan Indonesia di era globalisasi, dengan metode di bangun melalui pembiasaan dan keteladanan yang dilakukan oleh peserta didik; (iii) Bentuk evaluasi pendidikan karakter terhadap pembelajaran IPS di kelas tinggi, untuk mengetahui kemampuan pengetahuannya melalui objektif tes dengan menggunakan LKS berdasarkan pada SK dan KD pada RPP serta indikator yang ingin dicapai dalam pembejaran IPS. Sedangkan untuk mengukur kemampuan sikap/perbuatan karakter melalui lembar observasi siswa; (iv) Faktor pendukung pendidikan karakter antara lain sistem/aturan sekolah yang baik, adanya sanksi yang jelas sesuai aturan, adanya keteladanan dan kesadaran membimbing dari guru. Adapun faktor penghambat antara lain tidak semua guru mampu bersikap tegas dalam menghadapi siswa yang melanggar, keterbatasan kemampuan untuk pengawasan, orang tua yang jauh atau karena kesibukannya kurang memperhatikan anak. ABSTRAC R. SUPARDI. Analysis of the Implementation of Character Education Toward Learning Social Studies In Higher Classes at SD Inpres Borong Jambu II In Makassar (Advised by first advisor Hasnawi Haris and the second advisor Imam Suyitno) In building students’ character in religion, ethic, moral, and behaavior in interaction with the society, education for students should be prepared, done, and evaluated by integrating the education character in it especially in social sciences. The problem statements of this research were: (1) How was the the applying of Character Education to the Social sciences at high class of SD Inpress Borong Jambu II Makassar, (2) What material and method that were given to the students in applying character education in social sciences?, (3) How was the evaluation of character education at high class of social sciences?, (4) What factors that support and unsupport character education? The aims of this research were: (1) to know the the applying of Character Education to the Social sciences at high class of SD Inpress Borong Jambu II Makassar, (2) To know what material and method that were given to the students in applying character education in social sciences?, (3) To know the form of evaluation of character education at high class of social sciences?, (4) To know what factors that are support and unsupport character education? The result of this research showed that (1) the the applying of Character Education to the Social sciences at high class of SD Inpress Borong Jambu II Makassar given by learning social sciences in class or outside class (2) Material and method that given to the students in applying character education in social sciences were production technology, communication, and transportation for grade 4; while for grade 5 were the struggle for preparing the Indonesian independence,and for grade 6 were Indonesian role in globalization era, by behavior (character education) that done by students (3) The evaluation form of character education at high class of social sciences were to know the ability of the students by objective test by using worksheet thatsuitable with SK and KD at the lesson plan and the indicators that wanted to reached in social sciences lesson, (4) Factors that support character education were the school rule such as the law that are given to the students and unsupport character education were not all the teacher can apply the school rule to the students well, the limited ability to seing the students, and others. DAFTAR ISI

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 01:37
Last Modified: 06 Dec 2016 01:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1553

Actions (login required)

View Item View Item