KOHESI DAN KOHERENSI DALAM WACANA NARATIF BAHASA BUGIS KARANGAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

Ririn Sulastri, Dewi (2019) KOHESI DAN KOHERENSI DALAM WACANA NARATIF BAHASA BUGIS KARANGAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_RIRIN.pdf

Download (252kB) | Preview

ABSTRAK Dewi, Ririn Sulastri. 2019. Kohesi dan Koherensi dalam Wacana Naratif Bahasa Bugis Karangan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Marioiwawo Kabupaten Soppeng. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Syamsudduha dan Azis). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengatahui penanda kohesi dan koherensi apa sajakah yang terdapat dalam wacana naratif bahasa Bugis karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Marioriwawo Kabupaten Soppeng Data dalam penelitian ini yaitu kohesi dan koherensi dalam wacana naratif bahasa Bugis yang digunakan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Marioriwawo Kabupaten Soppeng, yaitu penanda kohesi dan koherensi yang bermacam-macam. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, simak dan teknik catat. Adapun teknik analis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis dari fakta-fakta yang dapat diamati. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan, semua jenis penanda kohesi gramatikal telah digunakan siswa dalam karangannya, yaitu referensi, substitusi, konjungsi dan elipsis. Jenis penanda kohesi leksikal secara keseluruhan juga telah digunakan siswa dalam karangannya, yaitu repetisi, sinonimi, antonimi, hiponimi, dan kolokasi. Sedangkan penggunaan penanda koherensi secara keseluruhan tidak semua jenis penanda koherensi ditemukan dalam karangan siswa. Jenis penanda koherensi yang terdapat dalam karangan siswa yaitu koherensi bersifat aditif, koherensi rentetan, koherensi kausalitas, koherensi kronologis, koherensi temporal, koherensi bersifat komparasi, dan koherensi perian. Koherensi kontras, koherensi penolakan dan koherensi perincian belum digunakan siswa dalam karangannya. Kata kunci: kohesi, koherensi, dan naratif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Nov 2019 06:19
Last Modified: 15 Nov 2019 06:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15504

Actions (login required)

View Item View Item