Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Bonerate Kota Makassar.

MASITA, MASITA (2014) Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Bonerate Kota Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MASITA.docx

Download (15kB)

ABSTRAK MASITA 2014. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Bonerate Kota Makassar. Iman Suyitno dan Rivai Mana. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peran guru pendidikan kewarganegaraan untuk mengetahui dampak motivasi belajar siswa di SMP Bonerate Kota Makassar dan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan peran guru pada SMP Bonerate Kota Makassar. Untuk memperoleh jawaban dari permasalahan tersebut, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode psikologi dan yuridis. Informan /objek penelitiannya adalah kepala sekolah dan guru, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan penelitian penulis, bahwa motivasi guru SMP Bonerate Kota Makassar dapat dilihat dari motivasi instrinsik dan ekstrinsik, lebih meningkat lagi dalam proses pembelajaran dari pihak guru, bila dapat menggunakan pendekatan komunikasi, keharmonisan, perencanaan dan evaluasi, utamanya motivasi dari kepala sekolah didalam memberikan semangat terhadap peran guru. Dampak peran guru dapat ditinjau dari dua segi, segi hasil dan dari segi proses. Faktor lingkungan, kurikulum, guru wali kelas, peserta didik adalah faktor utama dalam mendukung peran guru, juga harus dikatakan bahwa hal tersebut menjadi hambatan dalam proses di sekolah, oleh karena itu di butuhkan kerja sama yang baik dengan melakukan komunikasi, koordinasi dan evaluasi. Implikasi pendidikan ini adalah perlu adanya usaha-usaha yang mendorong guru kearah sikap inisiatif, kreatif dan inovatif, hal ini diharapkan kebijakan dan komitmen kepala sekolah untuk memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada setiap guru untuk menyampaikan gagasan yang berkaitan dengan tugasnya, dan memberikan peluang kepada guru untuk lebih meningkatkan profesinya, dan memaksimalkan fungsionalisasi kepada sekolah dalam meningkatkan peran guru dengan selalu memberikan motivasi, insentif, harapan dan penghargaan atas segala upaya yang guru kerjakan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi positif dalam mengembangkan penelitian selanjutnya dan dapat menambah khasanah kekayaan intelektual. Di samping itu penelitian ini dalam mengembangkannya dapat memutuskan ide atau gagasan baru yang konstruktif dalam membangun dan meningkatkan motivasi belajar siswa ke arah yang lebih baik. Ide atau gagasan itu tentunya dibarengi dengan aksi dilapangan agar apa yang menjadi tujuan penelitian ini dapat terealisasi sebagaimana mestinya. ABSTRACT MASITA. 2014. The Roles of Citizenship Education Teacher's Students Learning Motivation at SMP Bonerate in Makassar , (Supervised by Imam Suyitno and Rivai Mana) The study aims at desecribing the roles of PKn (Citizenship Education) teachers. The impact of students, learning motivation at SMP Bonerate in Makassar, and supporting and inhibiting factor in enhancing teachers’ roles at SMP Bonerate in Makassar. The study is a qualitative research with psychology and juridical methods. The informants of the study were the principal and teachers. Data were collected through observation, interview, and documentation. Data were analyzed by conducting data reduction, data presentation, and data verification. The results of the study indicated that teachers’ motivation at SMP Bonerate in Makassar could be seen from intrinsic and extrinsic motivation, improve more in learning process for teachers when they used approaches of communication, harmonization, planning, and evaluation, particularly the principal’s motivation in empowering teachers’ roles. The impact of teachers’ roles could be seen from two perspectives, namely the result perspective and the process perspective. Factors of environment, curriculum, guardian teacher, and students were the main factor to support teachers’ roles. It could also be said that those factors were the inhibiting factors. Thus, good partnership was needed by conducting communication, coordination, evaluation. The implications of the study are efforts are needed to lead teachers to have initiative attitude, creative, and innovative, so commitment and policy are expected from the principal to give opportunities to each one of the teachers to deliver ideas related to teachers’ tasks and improve teachers’ professions. The principal is also expected to maximize the function of the school in improving teachers’ roles by giving motivation, incentive, hope, and appreciation of teachers’ jobs. The study is expected to give positive contributions to develop further study and give additional intellectual repertoires. Besides, the study can provide constructive new ideas in improving better learning motivation of students. The ideas should absolutely be followed by action in order to make realization of the objective of the study.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 01:30
Last Modified: 06 Dec 2016 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1550

Actions (login required)

View Item View Item