Peranan Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Pendidikan Karakter pada Peserta Didik SMP Unismuh Makassar

NUR, JUMIATI (2016) Peranan Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Pendidikan Karakter pada Peserta Didik SMP Unismuh Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JUMIATI NUR.docx

Download (23kB)

ABSTRAK JUMIATI NUR. Peranan Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Pendidikan Karakter pada Peserta Didik SMP Unismuh Makassar.(Dibimbing oleh Hasnawi Haris dan A. Kasmawati) Penelitian ini bertujuan: (i) untuk menganalisisrelevansi materi Pendidikan Kewarganegaraan dengan konsep Pendidikan Karakter di SMP Unismuh Makassar; (ii) untuk mengetahui pengintegrasian Pendidikan Karakter oleh guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Unismuh Makassar; dan (iii) untuk mengetahui implementasi peserta didik terhadap nilai-nilai karakter di SMP Unismuh Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan mengumpulkan data, kemudian mereduksi data, selanjutnya menyajikan data serta memverifikasi dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Relevansi materi Pendidikan Kewarganegaraan dengan konsep pendidikan karakter di SMP Unismuh Makassar adalah mengintegrasikan nilai-nilai karakter dari pendidikan karakter yang relevan dengan materi Pendidikan Kewarganegaraaan pada proses pembelajaran; (ii) Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah pengembangan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan melaksanakan tiga tahapan yaitu: 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan pembelajaran, dan tahap penilaian; (iii) Implementasi nilai-nilai karakter pada peserta didik SMP Unismuh Makassar, adalah wujud dari pengembangan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui pembiasaan yang dilakukan baik di dalam kelas maupun kegiatan di luar kelas. ABSTRACT JUMIATI NUR. The Role of Civics Lesson on Character Education of Students at SMP Unismuh Makassar (supervised by Hasnawi Haris and A. Kasmawati) The purpose of the study was (i) to analyze the relevance of the material of the Civics Education with the Character Education concepts in SMP Unismuh Makassar; (ii) to determine the integration of Character Education by teachers of Civics Lesson in the learning process at SMP Unismuh Makassar; and (iii) to determine learners implementation of the character values in SMP Unismuh Makassar. This study used a descriptive qualitative approach. Data were collected by employing observation, interviews, and documentation studies. Technique of data analysis were conducted by conducting data collection, data reduction, data presentation, data verification, and conclusion. The findings indicated that (i) the relevance of civics education materials with character education concepts in SMP Unismuh Makassar, was integratedthe character values from character education which relevant to the material of civics education on the learning process; (ii) integration of character education in learning civic Education, develop character values in the learning process through three stages: planning, learning implementation, and assessment phase. (iii) Implementation of character values on learners of SMP Unismuh Makassar is a manifestation of the development of character values in Civics Education lesson through habiatuation that performed well on the learning process both inside and outside the classroom.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 01:25
Last Modified: 06 Dec 2016 01:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item View Item