Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Aktivitas siswa dan Hasil Belajar Kognitif Biologi melalui Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 4 Wonomulyo

NUR, SYAMSIARA (2013) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Aktivitas siswa dan Hasil Belajar Kognitif Biologi melalui Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 4 Wonomulyo. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
SYAMSIARA NUR.docx

Download (12kB)

ABSTRAK SYAMSIARA NUR. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Aktivitas siswa dan Hasil Belajar Kognitif Biologi melalui Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 4 Wonomulyo (dibimbing oleh Yahya Hiola dan Muhammad Junda). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis dan hasil belajar kognitif biologi melalui penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Wonomulyo. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Wonomulyo dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, respon siswa, kemampuan pemecahan masalah, dan hasil belajar kognitif dalam bentuk pilihan ganda. Teknik pengumpulan data meliputi lembar observasi aktivitas pengamatan siswa, angket respon siswa, tes kemampuan pemecahan masalah, dan tes hasil belajar yang dianalisis secara kuantitatif dengan persentase. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus, tiap siklus ada 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata siklus I 65,63 dan pada siklus II meningkat menjadi 87,71, respon siswa positif setelah berakhir pembelajaran, meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 66,00 dan pada siklus II menjadi 78,17, dan meningkatkan hasil belajar kognitif biologi dengan persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 36,7%, pada siklus II meningkat menjadi 90%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, Aktivitas siswa dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Wonomulyo. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas Belajar, Respon Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Hasil Belajar. ABSTRACT SYAMSIARA NUR. 2013. The Improvement of Problem Solving Competence, Student’s Activity, and Cognitive Learning Results of Biology by Employing Problem-based Learning Model of Grade VIIA Students at SMPN 4 Wonomulyo. (supervised by Yahya Hiola and Muhammad Junda) The study was a classroom action research which aimed to improve the problem solving competence, activity, and cognitive learning results of Biology by employing problem-based learning model of grade VIIA students at SMPN 4 Wonomulyo. The study was conducted at SMPN 4 Wonomulyo with 30 grade VIIA students of the second semester of academic year 2012/2013 as the subjects of the study. The instruments used in the study were observation sheet of student’s activity, student’s response, problem solving competence, and cognitive learning results of Biology in a form of multiple choice. The techniques used in collecting the data consisted of observation sheets on student’s activity, questionnaire of student’s response, test of problem solving competence, and test of learning results analyzed quantitatively by persentege. The study was conducted in two cycles that in each cycle consisted of four steps, namely the planning, the implementation, observation, and the treatment. The results of the study revealed that the implementation of problem-based learning model could improve learning activity of students with the average in cycle I 65.63% and in cycle II improved to 87.71%, response of students was positive after the learning ended which improved the problem solving competence with the average in cycle I started from 66.00 and improved to 78.17 in cycle II, and improved cognitive learning results of Biology with the percentage of learning mastery in cycle I 36.7% and improved in cycle II to 90%. The conclusion of the study was the problem-based learning model could improve problem solving competence, student’s activity, and cognitive learning results of Biology of grade VIIA students at SMPN 4 Wonomulyo. Keywords: problem-based learning model, learning activity, student’s response, problem solving competence, and learning autcomes.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 00:51
Last Modified: 06 Dec 2016 00:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1541

Actions (login required)

View Item View Item