PENGARUH KELOMPOK BELAJAR DI DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 25 CENRANA MAROS.

Aminah, Aminah (2015) PENGARUH KELOMPOK BELAJAR DI DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 25 CENRANA MAROS. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Aminah,.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Aminah, 2015. PENGARUH KELOMPOK BELAJAR DI DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 25 CENRANA MAROS. Skripsi, Jurusan Pendidikan IPS Terpadu, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Bapak Muhammad Zulfadli, SH, M.Hum dan Bapak Dr. Herman, S.Pd, M.Si). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran kegiatan kelompok belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 25 Cenrana Maros (2) gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 25 Cenrana Maros (3) pengaruh kelompok belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 25 Cenrana Maros. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu suatu proses pengumpulan data melalui teknik angket yang berisi daftar pernyataan dari variable X dan Y untuk memperoleh pengetahuan dan informasi. Maka dalam penelitian ini peneliti mengamati dan berinteraksi dengan kepala sekolah, guru IPS dan siswa-siswi SMP Negeri 25 Cenrana Maros kabupaten Maros dengan menyebarkan angket penelitian kepada siswa dan mencari data dengan mengkaji dokumentasinya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 25 Cenrana Maros, yang terdiri dari 6 (enam) kelas dan berjumlah 165 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, diambil 15% dari populasi dan didapatkan 35 siswa. Teknik pengumpulan data variabel bebas yaitu pengaruh kelompok belajar siswa dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis infersensial. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 25 Cenrana Maros yang berlokasi di dusun Rompegading, Kecematan Cenrana, Kabupaten Maros. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) kondisi kelompok belajar dengan frekuensi tertinggi 28 siswa dengan persentase 80% dikategorikan dalam tingkatan “baik”, (2) Tingkat motivasi belajar siswa tergolong dalam kategori “Sangat tinggi” dimana Frekuensi terbanyak terdapat 19 siswa dari persentase 54% dan (3) Adanya hubungan antara pengaruh kelompok belajara terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 25 Cenrana Maros

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:56
Last Modified: 25 Apr 2016 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item