STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KUE KARASA DI KECAMATAN CEMPA KABUPATEN PINRANG

Narmila, Narmila (2019) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KUE KARASA DI KECAMATAN CEMPA KABUPATEN PINRANG. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal Strategi Pemasaran.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Narmila.2019.“ Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Kue Karasa Di kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang”, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Bapak Dr. Muh. Ihsan Said Ahmad, S.E., M.Si dan Bapak Dr. Rahmatullah, S.Pd., M.E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan penjulan kue karasa di kecamatan cempa kabupaten pinrang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, cara pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap objek penelitian. Hasil penelitian didapatkan produsen atau penjual kue karasa yang ada di kecamatan cempa masih menggunakan strategi pemasaran secara tradisional yaitu hanya membawa kepasar-pasar tradisional serta belum melakukan inovasi dalam memproduksi maupun memasarakan kue karasa, dikarenakan beberapa faktor yang menjadi hambatan yaitu permodalan yang lemah serta adanya kue- kue yang lain yang dijajakan di pinggir jalan selain itu tidak adanya lembaga keuangan di desa yang mampu memberikan keringanan bantuan modal dan adanya pesaing atau produsen kue yang lain sehingga pembeli terbagi dalam hal pembelian kue yang lain. Dalam penelitian ini didapatkan faktor internal seperti kekuatan maupun kelemahan dan eksternal seperti peluang maupun ancaman yang dapat mempengaruhi pemasaran kue karasa di kecamatan cempa, sehingga beberapa strategi yang dapat dilakukan yaitu Pertama, perbaikan kios produsen/ penjual Kue karasa. Kedua, menjalin kemitraan dengan pemerintah dan lembaga keuangan. Ketiga, penggunaan media social dalam melakukan pemasaran. Keempat, melakukan inovasi terhadap kue karasa. Kata kunci: analisis SWOT, pemasaran, strategi .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2019 05:47
Last Modified: 06 Nov 2019 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

View Item View Item