Hubungan Sumber Belajar dan Kreativitas dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Biologi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bone.

ASMAH, SITTI (2013) Hubungan Sumber Belajar dan Kreativitas dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Biologi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bone. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
SITTI ASMAH.docx

Download (18kB)

ABSTRAK SITTI ASMAH. Hubungan Sumber Belajar dan Kreativitas dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Biologi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bone. (Dibimbing oleh Nurhayati B dan sitti Saenab). Penelitian ini bertujuan Untuk (i) mengetahui sumber belajar mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP Muhammadiyah Bone (ii) mengetahui kreativitas belajar mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP Muhammadiyah Bone (iii) mengetahui indeks prestasi komulatif mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP Muhammadiyah bone (iv)mengetahui hubungan sumber belajar dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP Muhammadiyah Bone (v) mengetahui hubungan kreativitas dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP Muhammadiyah Bone (vi) Mengetahui hubungan sumber belajar dan kreativitas secara bersama-sama dengan indeks prestasi komulatif mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP Muhammadiyah Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-postfacto dengan teknik pengumpulan data untuk sumber belajar dan kreativitas melalui angket (kuosioner) dan dokumentasi untuk indeks prestasi kumulatif (IPK) Mahasiswa semester 1-7 tahun 2013/2014 teknik analisis data secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan sumber belajar dengan indeks prestasi kumulatif sebesar 0,66 (kategori kuat) dengan signifikansi sebesar 0,00, kontribusi sumber belajar terhadap indeks prestasi komulatif sebesar 43,3%. Pada kreativitas hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan sumber belajar dengan indeks prestasi kumulatif sebesar 0,75 (kategori kuat), kontribusi kreativitas terhadap indeks prestasi komulatif sebesar 55,6% dan hubungan sumber belajar dan kreativitas secara bersama-sama dengan indeks prestasi komulatif sebesar 0,76 (kategori kuat), kontribusi sumber belajar dan kreativitas secara bersama-sama dengan indeks prestasi komulatif sebesar 58,1%. Kesimpulan bahwa (i) sumber belajar mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP Muhammadiyah Bone berada dalam kategori tinggi (ii) kreativitas mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP Muhammadiyah Bone berada dalam kategori tinggi (iii) indeks prestasi komulatif mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP muhammadiyah Bone umumnya berada dalam kategori tinggi (iv) ada hubungan kuat dan signipikan antara sumber belajar dan indeks prestasi kumlatif mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP Muhammadiyah Bone (v) ada hubungan kuat dan signipikan antara kreativitas dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP Muhammadiyah Bone (vi) ada hubungan kuat dan signipikan antara sumber belajar dan kreativitas secara bersama-sama dengan indeks prestasi komulatif mahasiswa program studi pendidikan biologi STKIP Muhammadiyah Bone. Kata Kunci: sumber belajar, kreativitas, indeks prestasi kumulatif. ABSTRACT SITTI ASMAH. 2014. The Correlation between Learning Source and Creativity with Student Cumulative GPA at Biology Program of Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bone (supervised by Nurhayati B. and Sitti Saenab). Thys study aims to (i) identify the learning source of biology education program students in STKIP Muhammadiyah Bone; (ii) determine the creativity of biology education program students in STKIP Muhammadiyah Bone; (iii) determine student grade poin average (GPA) of biology education program in STKIP Muhammadiyah Bone; (iv) determine the correlation between learning resources and GPA of biology education program studenst in STKIP Muhammadiyah Bone; (v) determine the correlation between creativity and GPA of biology education program stdents in STKIP Muhammadiyah Bone; (vi) examining the correlation of learning resources and creativity mutually with cumulative GPA of biology education program stdents in STKIP Muhammadiyah Bone. This is an Ex-post facto research with data collection techniques for learning resources and creativity through questionnaires and documentation for GPA of 1-7 semester of 2013/2014. Data were analyzed by descriptive and inferential techniques. The results show that the relationship of learning resources with a cumulative GPA of 0,66 (high category) with a significance of 0,00; the contribution of the learning resources to the cumulative grade point average is of 43,3%. In creativity, the result shows that the correlation of learning resources with a cumulative GPA is of 0,75 (high category), the contribution of creativity to the cumulative GPA is of 55,6%; and the correlation of learning resources and creativity mutually with cumulative GPA is of 0,76 (a strong category), the contribution of learning resources and creativity mutually with GPA average is of 58,1%. The conclusions of the study are: (i) learning resources of studens are in the high category; (ii) the reativity of students is in the high category; (iii) cumulative grade poin average of students is in high category; (iv) there is a atrong and significant correlation between learning resources and student GPA; (v) there is a strong and significant correlation between creativity and student GPA; (vi) there is a strong and significant correlation between learning resources and creativity together with a student cumulative GPA. Keywords: learning source, creativity, cumulative GPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 00:45
Last Modified: 06 Dec 2016 00:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1536

Actions (login required)

View Item View Item