PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT (KOSA KATA) PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH LIMBUNG

Azmi, Nurul (2019) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT (KOSA KATA) PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH LIMBUNG. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
artikel azmhy.pdf

Download (572kB) | Preview

Abstract

Nurul Azmi, 2019. “Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat (Kosa Kata) pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Limbung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I )Muh. Bachtiar Syamsuddin( dan Pembimbing II )Enung Mariah S) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan mufrodat (kosa kata) pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Limbung dalam Pembelajaran bahasa Arab menggunakan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Mia 2 yang berjumlah 34 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Pada pelaksanaan siklus I menggunakan media audio visual berbentuk slide power point yang disertai dengan audio, dan pelaksanaan siklus II menggunakan media audio visual berbentuk slide power point dan video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran bahasa Arab melalui penerapan media audio visual dapat meningkatkan penguasaan mufrodat (kosa kata) peserta didik kelas XI Mia 2 di SMA Muhammadiyah Limbung. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas yang telah diperoleh. Pada siklus I nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada pertemuan 1 yaitu 65,75 dan pertemuan 2 yaitu 74,62. Pada siklus II nilai rata-rata kelas semakin naik yaitu pada pertemuan 1 sebesar 84,03 kemudian pada pertemuan 2 semakin meningkat menjadi 88,4. Selain nilai rata-rata kelas, pencapaian nilai KKM juga meningkat, yaitu pada siklus I pencapaian nilai KKM pada pertemuan 1 sebesar 37,93% dan pertemuan 2 sebesar 81,25%. Kemudian pada siklus II pencapaian nilai KKM semakin meningkat, yaitu pada pertemuan I sebesar 87,88% dan pada pertemuan 2 semakin meningkat menjadi 96,97%. Hal ini berarti peguasaan mufrodat (kosa kata) peserta didik semakin meningkat dengan menerapkan media audio visual dalam Pembelajaran bahasa Arab. Kata Kunci: Media Audio Visual, Penguasaan Mufrodat (Kosa Kata)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2019 05:30
Last Modified: 06 Nov 2019 05:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15356

Actions (login required)

View Item View Item