PENGARUHTUTOR SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 7 CENRANA MAROS KABUPATEN MAROS

AMINAH, AMINAH (2019) PENGARUHTUTOR SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 7 CENRANA MAROS KABUPATEN MAROS. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL PENGARUH TUTOR SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA.pdf

Download (563kB) | Preview

AMINAH 2019.DenganTesisPengaruh Tutor Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap PrestasiBelajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 7 Cenrana Kabupaten Maros.(DibawahbimbinganBapakDarmanManda, sebagaipembimbing I, dan, bapakHerman sebagaipembimbing II). Penelitianinibertujuanuntukpengaruh tutor sebayadanmotivasibelajarsiswaterhadapprestasibelajarsisiwapadamatapelajaran IPS. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianasosiatif/hubunganyaitupenelitian yang bertujuanuntukmengetahuihubunganantaradua variable ataulebih.Dalampenelitianinimenggunakanhubungankausalatauhubungansebabakibat, bila X maka Y. Berdasarkanpenelitianmemperolehhasilbahwaprestasibelajarsiswa SMP Negeri 7 CenranaMarosberadapadakatergori “Tutor sebaya di SMP Negeri 7 Cenrana Maros Kabupaten Maros diperoleh hasil bahwa tutor sebaya berada dalam kategori “baik”. Hal tersebut ditinjau dari elemen dasar yang mempengaruhi tutor sebaya yang meliputi pemilihan materi, pembagian kelompok, pembagian materi, waktu, diskusi kelompok, laporan tim, kesimpulan dan tes.Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 7 Cenrana Maros Kabupaten Maros diperoleh hasil bahwa motivasi belajar termasuk dalam kategori “tinggi”. Hal ini ditinjau dari aspek motivasi belajar yang dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor ekstrinsik dan faktor intrinsik.Pretasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 7 Cenrana Maros Kabupten Maros diperoleh hasil bahwa prestasi belajar termasuk dalam kategori “tinggi”. Hal ini ditinjau dari asfek afektif, kognitif dan psikomotorik.Adanya pengaruh positif antara tutor sebaya dan motivasi dengan prestasi belajar akan semakin baik. Maka semakin tinggi pula prestasibelajar siswa di SMP Negeri 7 Cenrana Maros Kata Kunci: Tutor Sebaya, MotivasiBelajardanPrestasiBelajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Nov 2019 08:45
Last Modified: 05 Nov 2019 08:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15352

Actions (login required)

View Item View Item