PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Wartawati, A.Adzani (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal_A.AdzaniWartawati_1592042018_Pendidikan Akuntansi.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar secara parsial terhadap hasil belajar siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. (2) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar secara simultan terhadap Hasil Belajar siswa kelas X1 Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. (3) Variabel bebas mana yang berpengaruh dominan terhadap hasil belajar siswa kelas XI program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sebagai variabel bebas pertama (X1), minat belajar sebagai variabel bebas kedua (X2) dan variabel hasil belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasinya seluruh siswa kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Makassar yang terdiri dari 133 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 57 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji instrument, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat signifikan <0,05 dan minat belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat signifikan <0,05. Kecerdasan emosional dan minat belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat signifikan <0,05. Selain itu, koefisien determinasi (R 2 ) yaitu sebesar 0,754 (75,4%). Hal ini berarti bahwa pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Nov 2019 01:43
Last Modified: 05 Nov 2019 01:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15347

Actions (login required)

View Item View Item