PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

JANNAH, SYAHRATUL (2019) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL_SYAHRATUL JANNAH_1592042007_PEND.AKUNTANSI.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SYAHRATUL JANNAH. 2019. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: Samsinar, S.Pd, SE, M.Si, Ak, CA., dan Dra. Sitti Hajerah Hasyim, M.Si. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara parsial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. (2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. (3) untuk mengetahui variabel lingkungan sekolah berpengaruh dominan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Variabel penelitian ini adalah lingkungan keluarga sebagai variabel bebas pertama (X1), lingkungan sekolah sebagai variabel bebas kedua (X2) dan prestasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 131 siswa, sedangkan sampel penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh sehingga sampel yang digunakan sebanyak jumlah populasi yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji F, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni: (1) Lingkungan keluarga berpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan tingkat signifikan <0,05 dan lingkungan sekolah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan tingkat signifikan <0,05. (2) Lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan tingkat signifikan <0,05. Selain itu, koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,824 (82,4%). Hal ini berarti bahwa pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 82,4% sedangkan sisanya 17,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (3) Lingkungan sekolah dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien determinasi 0,783 atau 78,3%. Kata kunci: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Nov 2019 01:59
Last Modified: 04 Nov 2019 01:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15337

Actions (login required)

View Item View Item