Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Giving Question And Getting Answers Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Kelas XII SMA Negeri 1 Panca Lautang

SANTIARNI, SANTIARNI (2014) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Giving Question And Getting Answers Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Kelas XII SMA Negeri 1 Panca Lautang. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
SANTIARNI..docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK SANTIARNI. 2014. Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Giving Question And Getting Answers Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Kelas XII SMA Negeri 1 Panca Lautang (dibimbing oleh A. Mushawwir Taiyeb dan Oslan Jumadi) Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GQGA dengan inkuiri terbimbing pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Panca Lautang (ii) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ranah sikap dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GQGA dengan inkuiri terbimbing pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Panca Lautang (iii) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ranah keterampilan siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GQGA dengan inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan rancangan The Static Group Pretest Posttest Design. Pada penelitian ini digunakan kelompok eksperimen I dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GQGA dan kelompok eksperimen II dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Instrumen penelitian berupa Tes Hasil Belajar untuk mengukur hasil belajar ranah pengetahuan, lembar observasi untuk mengukur hasil belajar ranah sikap dan lembar kriteria unjuk kerja untuk mengukur hasil belajar ranah keterampilan siswa. Data dianalisis deskriptif dan inferensial (uji independent Sample t-test) dengan α = 0,05) dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Hasil belajar ranah pengetahuan siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GQGA lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (ii) Hasil belajar ranah sikap siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan tidak berbeda antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GQGA dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (iii) Hasil belajar ranah keterampilan siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan tidak berbeda antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GQGA dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing Kata Kunci : Hasil Belajar Biologi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Giving Question And Getting Answers (GQGA), Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 00:41
Last Modified: 06 Dec 2016 00:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1533

Actions (login required)

View Item View Item