Pendidikan Kejuruan sebagai Bagian Pembangunan Berkelanjutan

Pertiwi, Nurlita (2014) Pendidikan Kejuruan sebagai Bagian Pembangunan Berkelanjutan. In: Seminar Nasional Pendidikan Vokasi: "Optimalisasi Sumber Daya Pendidikan Vokasi dalam Meningkatkan Daya Saing Global", 30 Agustus 2014, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Artikel Prosiding Seminar Nasional)
1-PN-PKB.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional - Pendidikan Kejuruan Sebagai Bagian Pembangunan Berkelanjutan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pembangunan berkelanjutan yang merupakan sistem pembangunan yang mempertimbangkan aspek lingkungan hidup, sosial dan ekonomi dilaksanakan secara menyeluruh. Pendidikan kejuruan sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan dan keterampilan juga merupakan bagian dari pembangunan berkelanjutan. Dalam aspek lingkungan hidup, pendidikan kejuruan mengembangkan sikap kepedulian terhadap lingkungan yaitu mengembangkan motivasi peserta didik untuk terlibat dalam memelihara kelangsungan daya dukung lingkungan hidup. Dalam aspek ekonomi, pendidikan kejuruan mempersiapkan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja. Olehnya, pendidikan kejuruan mendukung pengembangan kekuatan ekonomi secara individual dan kolektif. Dalam aspek sosial, pendidikan menyiapkan peserta didik untuk mampu bekerja dalam suatu tim kerja. Kemampuan kerja sama tersebut menjadi modal sosial dalam suatu masyarakat. Selain itu, pendidikan kejuruan juga mengembangkan kepribadian peserta didik yang mendukung interaksi sosialnya baik didunia kerja maupun di masyarakat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Sustainable, development, Vocational Education
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Dr.Ir. Nurlita Pertiwi
Date Deposited: 01 Nov 2019 21:36
Last Modified: 24 Dec 2019 16:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15325

Actions (login required)

View Item View Item