Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Kelas VIII SMPN 4 Dua Pitue

Nasir, Saltiyani (2013) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Kelas VIII SMPN 4 Dua Pitue. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
SALTIYANI NASIR.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Saltiyani Nasir, 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Kelas VIII SMPN 4 Dua Pitue . (dibimbing oleh Hj.A.Asmawati Aziz dan A.Mushawwir Taiyeb) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif dan mengetahui kualitas (kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan) perangkat pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw. Proses pendefinisian yang dilakukan dilapangan menunjukkan bahwa perangkat dapat mengubah pembelajaran berpusat pada guru menjadi berpusat pada peserta didik, perangkat pembelajaran membuat siswa merasa tertantang dalam kelompoknya untuk mengali pengetahuannya lebih dalam, perangkat pembelajaran ini disusun dengan target siswa dapat mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan. Tahap perancangan baik tes, media format, disesuaikan dengan pembelajaran Jigsaw dan mengacu pada tujuan pembelajaran. Tahap perkembangan diawali dengan validasi, selanjutnya tahap uji coba yang dilakukan dalam 3(tiga) kali pertemuan di SMP Negeri 4 Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang. Tahap penyebaran dilakukan pada guru-guru IPA disekolah. Kualitas perangkat pembelajaran pokok bahasan sistem gerak, model kooperatif tipe Jigsaw telah kriteria valid berdasarkan analisis hasil keterlaksanaan perangkat pembelajaran yang dinyatakan reliable (dapat dipercaya) dan telah memenuhi kriteria efektif berdasarkan analisis hasil kemampuan guru mengelola pembelajaran dinyatakan reliable, aktivitas siswa berada dalam rentang waktu yang ideal, respon siswa masuk dalam kategori positif, serta hasil belajar siswa masuk dalam kategori tuntas. ABSTRACT SALTIYANI NASIR. 2014. Development of Cooperative Model Learning, Tools of Jigsaw Type on Class VIII SMP Negeri 4 Dua Pitue (supervised by A. Asmawati Aziz , and A.Mushawwir Taiyeb). The purpose of this study was to examine the development process of cooperative model learning tools and to discover the qulity (validity,practicality, and effectiveness) of cooperative model learning tools of Jigsaw Type. The process of defining which had been conducted in the field indicated that the tools could change teacher-centered learning to student-centered learning, the learning tools challenged the students in his/her group to explore the knowledge deeper, and the learning tools was developed so the student could describe the meition system of humats and its relationship with health. The design phase both the test and media format, was adjusted to Jigsaw learning and referred to the learning objectives. The development stage was stared with validation, then continued with experiments performed in three (3) meetings at SMP 4 Dua Pitue Sidenreng Rappang. The dissemination stage was conducted to the science teachers. The quality of the learning tools of motion system subject material of cooperative model of Jigsaw type was valid based on the analysis result of the implementatioan of learning tools which was stated as reliable and it met the criteria of effective based on the analysis result of teachers’ ability to manage the learning which was stated as reliable, students’ activities were withim the ideal timeframe, the students’ response was in positive category, and students’ learning result was in the category of completed.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 00:39
Last Modified: 06 Dec 2016 00:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1532

Actions (login required)

View Item View Item