PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TOTAL STATION PADA MATA KULIAH ILMU UKUR TANAH II JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Ilham P, Ilham P (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TOTAL STATION PADA MATA KULIAH ILMU UKUR TANAH II JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel ILHAM P. 1521041019.pdf

Download (41kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ilham P, 1521041019. Pengembangan Modul Pembelajaran Total Station pada Mata Kuliah Ilmu Ukur Tanah II Jurusan PTSP FT-UNM. Skripi Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2019. Dibimbing oleh ibu Nurlita Pertiwi dan bapak Panennungi T. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses Pengembangan Modul Pembelajaran Total Station Pada Mata Kuliah Ilmu Ukur Tanah II. 2) Mengetahui Validitas Modul Pembelajaran Total Station Pada Mata Kuliah Ilmu Ukur Tanah II. 3) Menguraikan respon mahasiswa terhadap Pengembangan Modul Pembelajaran Total Station Pada Mata Kuliah Ilmu Ukur Tanah II. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Total Station pada Mata Kuliah Ilmu Ukur Tanah II. Proses pengembangan Modul Pembelajaran Total Station menggunakan model 4-D (Four D Model). Keempat tahap tersebut adalah tahap Pendefinisian (Define), tahap Perancangan (Design), tahap Pengembangan (Development) dan tahap Penyebaran(Disseminate). Namun pengembangan modul dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja. Uji coba penelitian ini dilakukan pada 30 mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik sipil dan Perencanaan angkatan 2017. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif. berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil validasi ahli materi masuk pada kategori Sangat Layak dengan melihat hasil persentase dari ahli materi dengan persentase 89.38%, hasil validasi ahli media masuk pada kategori Layak dengan melihat hasil persentase dari ahli media dengan persentase 83.13% dan hasil penilaian respon dari mahasiswa masuk pada kategori Layak dengan melihat hasil persentase dari penilaian mahasiswa dengan persentase 81.53%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validasi ahli dan angket respon mahasiswa terhadap modul pembelajaran Total Station dapat ditarik kesimpulan bahwa modul tersebut masuk pada kategori layak. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Total Station

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Bangunan
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Oct 2019 05:37
Last Modified: 29 Oct 2019 05:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15299

Actions (login required)

View Item View Item