Azis, Azis (2016) Bahasa Indonesia dalam Membangun Karakter Siswa. In: Semnar Nasional dan Dialog Kebangsaan "Bahasa, Sastra, dan Budaya Indonesia Sebagai Identitas dan Integritas Bangsa di Era Globalisasi", 11-12 Desember 2016, Makassar, Indonesia.
|
Text (Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Prosiding seminar nasional-bulan bahasa 2016.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review_ Bahasa Indonesia dalam Membangun Karakter Siswa (prosiding).pdf - Published Version Download (995kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata pelajaran wajib di sekolah sehingga pembelajaran bahasa Indonesia harus mencerminkan karakter bangsa Indonesia. Keberagaman dan perbedaan etnis dengan latar belakang budaya yang berbeda sebagao salah satu bukti adanya bahasa Indonesia yang mampu menyatukan dari generasi ke generasi dalam mengisi kemerdekaan. Untuk itu, menggunakan bahasa Indonesia di sekolah agar ragam formal lebih diutamakn daripada ragam nonformal dengan penggunaan diksi yang tepat. Karakter siswa terbentuk jika penggunaan diksisesuai perkembangan dan dinamika peradaban bangsa Indonesia dengan tidak mengabaikan unsur budaya. Tenaga pendidik harus memilih materi yang isinya sejalan dengan nilai-nilai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, Undang-Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Adanya hal demikian, maka fokus makalah ini mengenai generasi bahasa Indonesia dan peran tenaga pedidik. Kedua hal ini mejadi sangat mendasar untuk membangun karakter siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | S.T., M.T. Faruq Ratuhaji |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 02:21 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 02:21 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15289 |
Actions (login required)
View Item |