EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS X SMA ISLAM ATHIRAH 2 MAKASSAR

PIRDA, PIRDA (2019) EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS X SMA ISLAM ATHIRAH 2 MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pirda, 2019, Fakultas/Jurusan Bahasa dan Sastra/ Pendidikan Bahasa Arab, Judul Efektivitas Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa pada Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Islam Athirah 2 Makassar (dibimbing oleh Muh. Bachtiar Syamsuddin dan Sitti Mutmainnah). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis desain penelitian Pre-Eksperimental dengan model penelitian One Goup Pretes-Postest Design. Model penelitian ini menggunakan satu kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Islam Athirah 2 Makassar, dan yang menjadi sasaran 1 kelas yaitu kelas X IPA 1. Adapun dalam pengambilan sampel menggunakan teknik sampling random dengan jumlah peserta didik 29 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes awal (pre-test) dan tes akhir (Pos-test) terhadap hasil belajar bahasa Arab pada keterampilan berbicara siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan komputer dengan program Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 23. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1.) Kemampuan berbicara siswa sebelum mengguanakan media audio visual terhadap hasil belajar bahasa Arab pada keterampilan berbicara siswa kelas X S MA Islam Athirah 2 Makassar secara umum dikategorikan rendah nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebanyak 64.43. 2.) Kemudian kemampuan berbicara siswa setelah menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas X SMA Islam Athirah 2 Makassar mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebanyak 81. 3.) Hasil pembelajaran bahasa Arab siswa pada keterampilan berbicara siswa menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikan 0,05 (0,000 < 0,05), maka hipotesis H1 dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Data tersebut menjelaskan bahwa variabel memberikan pengaruh yang signifikan antara kemampuan berbicara siswa sebelum menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar bahasa Arab pada keterampilan berbicara siswa dengan sesudah menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada keterampilan berbicara siswa kelas X SMA Islam Athirah 2 Makassar. Kata kunci: Media audio visual, hasil belajar bahasa Arab, keterampilan berbicara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Oct 2019 02:39
Last Modified: 29 Oct 2019 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15288

Actions (login required)

View Item View Item