PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH KOMUNIKASI KOMPUTER PADA PROGRAM STUDI D3 TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Hendrawansyah, Hendrawansyah (2019) PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH KOMUNIKASI KOMPUTER PADA PROGRAM STUDI D3 TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL HENDRAWANSYAH 1525042002.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hendrawansyah. 1525042002. Pengembangan Modul Mata Kuliah Komunikasi Komputer Pada Program Studi D3 Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2019. Dibimbing Oleh Purnamawati dan Mustamin Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tahapan-tahapan pengembangan modul Mata Kuliah Komunikasi Komputer pada Program Studi D3 Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. (2) untuk mengetahui kelayakan modul pada mata kuliah Komunikasi Komputer Program Studi D3 Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan suatu produk. Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan MPI. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pengembangan modul mata kuliah komunikasi komputer. Instrumen Penelitian menggunakan lembar penilaian menurut dua Ahli Materi, dua Ahli Media, dan Respon Mahasiswa . hasil uji coba dari validasi ahli materi, jumlah presentase aspek secara keseluruhan dari hasil validasi ahli materi adalah 94% dengan kategori ‘sangat layak’, analisis dari hasil validasi ahli desain/media, jumlah presentase aspek secara keseluruhan dari hasil validasi ahli desain/media adalah 92% dengan kategori ‘sangat layak’, dan analisis hasil respon mahasiswa, jumlah presentase aspek secara keseluruhan dari hasil respon mahasiswa adalah 88% dengan kategori ‘sangat layak’. Sehingga modul Mata Kuliah komunikasi komputer dapat digunakan. Kata Kunci: Modul, Komunikasi Komputer, R&D, Model Pengembangan Instruksional (MPI).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Oct 2019 05:39
Last Modified: 28 Oct 2019 05:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15281

Actions (login required)

View Item View Item