DEGRADASI KADER TARBIYAH ISLAMIYAH PADA STUDY CLUB AL FURQAN FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Hamzah, A . Norman (2019) DEGRADASI KADER TARBIYAH ISLAMIYAH PADA STUDY CLUB AL FURQAN FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK A . Norman Hamzah Degradasi Kader Tarbiyah Islamiyah Pada Study Club Al Furqan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Muhammad Syukur dan A. Octamaya Tenri Awaru Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Proses pelaksanaan kaderiasi Tarbiyah Islamiyah di Fakultas Ilmu Sosial 2) Faktor penyebab kurangnya partisipasi mahasiswa dalam mengikuti proses Tarbiyah Islamiyah Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu pengurus inti serta demisioner yang masih terlibat dalam lembaga dakwah Study Club Al Furqan. Jumlah informan sebanyak 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Proses kaderisasi dilakukan melalui 3 tahap yaitu a) Tahap pengenalan, tahap pengenalan dilakukan melalui dua pendekatan yaitu Formal melalui proses sosialisasi dikelas dan membuat program serta kegiatan-kegiatan keislaman dan pendekatan Non Formal yaitu melalui pendekatan perseorangan face to face. b) Tahap pembentukan yaitu melakukan pembinaan secara berjenjang guna menyiapkan kapasitas kader sesuai dengan visi kaderisasi, ada tiga jenjang dalam tarbiyah ini yaitu, Ta’rifiyah, Taqwiniyah, dan Tanfidzhiyah. c) Tahap pengorganisasian yaitu setelah proses pembentukan kader dilakukan, maka selanjutnya kader dikaryakan sesuai dengan tujuan pengakaderan dan tentu sesuai dengan potensi kader yang bersangkutan, namun banyak mahasiswa yang tidak mencapai tahap ini. 2) Adapun penyebab kurangnya partisipasi mahasiswa untuk mengikuti kaderisasi dan Tarbiyah Islamiyah terbagi dua yaitu internal dan eksternal. Internal yaitu kendala yang datang dari dalam lembaga dan komponenkomponen lembaga itu sendiri seperti kurangnya kualitas dan kuantitas Murabbi, kurangnya pemahaman tentang gerakan dakwah, tidak maksimalnya kinerja pengurus dan kurangnya manajemen waktu sedangkan kendala eksternal yaitu kendala yang datang dari luar lembaga seperti kurangnya kesadaran mahasiswa muslim akan pentingnya belajar ilmu agama, perilaku senioritas negative, persaingan antar lembaga, serta isu terorisme yang diangkat media massa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Oct 2019 05:32
Last Modified: 28 Oct 2019 05:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15278

Actions (login required)

View Item View Item