PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SDN NO. 5 LEMBANG CINA KABUPATEN BANTAENG

Akbar, Akbar (2019) PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DI SDN NO. 5 LEMBANG CINA KABUPATEN BANTAENG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (499kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Akbar, 2019. Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 5 Lembang Cina Kabupaten Bantaeng Tesis. Program Pendidikan Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Arismunandar dan Faridah). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran otonomi dan kemitraan, (2) Gambaran transparansi dan akuntabilitas, dan (3) Gambaran partisipasi masyarakat dalam manajemen kurikulum dan pembelajaran melalui manajemen berbasis sekolah di SDN No. 5 Lembang Cina Kab. Bantaeng. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan sumber data kepala sekolah, guru, dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan mengikuti konsep Miles dan Huberman yaitu (a) penyingkatan data (b) penyajian data dan (c) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah melaksanakan manajemen berbasis sekolah (MBS) dari segi otonomi dan kemitraan, transparansi dan akuntabilitas serta partisipasi masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari segi otonomi dan kemitraan dimana sekolah memiliki tim kerja, melaksanakan pelatihan internal sekolah, pengelolaan rombongan belajar, keterlibatan orang tua peserta didik dan masyarakat, pembuatan kalender pendidikan sendiri, adanya rapat rutin, keterlibatan komite, pengadaan evaluasi dan adanya peraturan akademik. Dari segi transparasi dan akuntabilitas dapat dibuktikan dari segi proses belajar mengajar, keterlibatan pemerintah dan masyarakat, supervisi guru, sumbangan orang tua murid serta sertifikasi guru digunakan untuk pelatihan. Sedangkan dari segi partisipasi masyarakat dapat dilihat dengan keikutsertaan orang tua dalam kegiatan sekolah, adanya dukungan orang tua dalam peningkatan mutu sekolah, adanya pengajian bulanan serta terjalinnya intraksi yang sangat baik antara warga sekolah dan masyarakat khususnya orangtua siswa. Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dari segi transparansi dan akuntabilitas sebaiknya sekolah memiliki media online berupa website yang memuat berbagai infomasi sehingga dapat diakses oleh masyarakat luas. Selain itu, dari otonomi, sekolah seharusnya menambah pelajaran muatan lokal yang sesuai dengan budaya dan potensi lokal Kab. Bantaeng serta bagi peneliti yang akan meneliti hal yang berkaitan dengan penerapan manajemen berbasis sekolah agar kiranya melakukan penelitian tindak lanjut dan menggali informasi dari orang tua siswa sebagai sumber data. Kata Kunci : Manajemen Berbasis Sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Oct 2019 03:14
Last Modified: 24 Oct 2019 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15270

Actions (login required)

View Item View Item