PERBADINGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MAKASSAR DAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SD INPRES NO 216 MACCINI BAJI KABUPATEN TAKALAR

Irmayanti, Irmayanti (2019) PERBADINGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MAKASSAR DAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SD INPRES NO 216 MACCINI BAJI KABUPATEN TAKALAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL IRMAYANTI.pdf.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IRMAYANTI, 2019. Perbandingan Penguasaan Kosakata Bahasa Makassar dan Bahasa Indonesia Melalui Media Lingkungan Siswa Kelas IV SD Inpres No 216 Maccini Baji Kabupaten Takalar. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Andi Agussalim Aj dan Hajrah). Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan penguasaan kosakata bahasa Makassar melalui media lingkungan siswa kelas IV SD Inpres No 216 Maccini Baji Kabupaten Takalar, (2) Mendeskripsikan penguasaan kosakata bahasa Indonesia melalui media lingkungan siswa kelas IV SD Inpres No 216 Maccini Baji Kabupaten Takalar, (3) untuk membuktikan adanya perbedaan penguasaan kosakata bahasa Makassar dan bahasa Indonesia melalui media lingkungan siswa kelas IV SD Inpres No 216 Maccini Baji Kabupaten Takalar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SD Inpres No 216 Maccini Baji Kabupaten Takalar berjumlah 15 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total. Teknik yang digunakan utnuk mengumpulkan data pada penenlitian ini adalah teknik tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penguasaan kosakata bahasa Makassar dan bahasa Indonesia tingkat penguasaan siswa pada kosakata bahasa Makassar dikategorikan menguasai nilai rata-rata 92,67, sedangkan pada penguasaan kosakata bahasa Indonesia dikategorikan belum menguasai nilai rata-rata 81,07. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 5,290 2,98 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan menolak hipotesis nol (H0). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan penguasaan kosakata bahasa Makassar dan bahasa Indonesia melalui media lingkungan siswa kelas IV SD Inpres No 216 Maccini Baji Kabupaten Takalar Kata kunci : Penguasaan, kosakata bahasa Makassar dan bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Oct 2019 07:41
Last Modified: 22 Oct 2019 07:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15262

Actions (login required)

View Item View Item