PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD INPRES 12/79 BARAKKAE KECAMATAN LAMURU KABUPATEN BONE

Muliana, Wiana (2019) PENGARUH METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD INPRES 12/79 BARAKKAE KECAMATAN LAMURU KABUPATEN BONE. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL WM.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Inpres 12/979 Barakkae Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimana kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas IV SD Inpres 12/79 Barakkae Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone? Dan adakah pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa dan mendeskripsikan pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Variabel penelitian yaitu metode SQ3R dan kemampuan membaca pemahaman. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistk inferensial. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum diberi perlakuan berada pada kategori sedang sedangkan kemampuan membaca pemahaman siswa setelah diberi perlakuan berada pada kategori sangat tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa Kata Kunci: metode SQ3R, kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakafis
Date Deposited: 19 Oct 2019 07:25
Last Modified: 19 Oct 2019 07:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15230

Actions (login required)

View Item View Item