PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA GURU SMA DI KABUPATEN SINJAI

ERNAWATI, ERNAWATI (2016) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA GURU SMA DI KABUPATEN SINJAI. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ERNAWATI.docx

Download (13kB)

Abstract

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA GURU SMA DI KABUPATEN SINJAI ERNAWATI Pendidikan Administrasi Umum – UNM E-mail: Fikriyahfadilah@yahoo.co.id ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional dan pengaruhnya terhadap kinerja guru SMA di kabupaten sinjai. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA-SMA yang ada di kabupaten sinjai. Variabel yang diteliti adalah gaya kepemimpinan transaksional (X1), gaya kepemimpinan transformasional (X2), dan kinerja guru (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru SMA di Kabupaten Sinjai yang berstatus PNS sebanyak 331 orang. Sampel sebanyak 83 orang guru yang ditentukan secara cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hipotesis diuji dan dianilisis dengan menggunakan Regresis sederhana dan Regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan transaksional terhadap kinerja guru SMA di kabupaten sinjai, (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru SMA di kabupaten sinjai, dan (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan transaksional dan transformasional secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA di kabupaten sinjai. Kata Kunci: gaya kepemimpinan, kinerja guru ABSTRACT This Research aim to know and explain leadership style of transaksional and transformasional and its influence to performance of SMA teacher in sinjai regency. This Research is located in one of SMA in sinjai regency. Variable which researched are leadership transaksional style (X1), leadership transformasional style (X2) and teacher performance (Y). Population in this research is the overall of teacher of SMA in Sinjai regency which is have status as PNS counted 331 people. Sampel counted 83 determined by cluster sampling. Data collecting use quesioner. Hypothesis tested and analized by using simple Regresis and doubled Regresi. Result of research indicate that: (1) There are positive and significant influence in leadership transaksional style toward performance of SMA teacher in Sinjai regency. (2) There are positive and significant influence in leadership transformasional style toward performance of SMA teacher in sinjai regency. (3) There are positive and significant influence between leadership transaksional and transformasional style in the same time toward performance of SMA teacher in Sinjai Regency.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 07:34
Last Modified: 05 Dec 2016 07:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item