DISKRIMINASI MAYORITAS TERHADAP MINORITAS DALAM NOVEL KEDAI 1001 MIMPI KARYA VALIANT BUDI TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA (TEORI DISKRIMINASI PETTIGREW)

Saludung, Zanta Rante (2019) DISKRIMINASI MAYORITAS TERHADAP MINORITAS DALAM NOVEL KEDAI 1001 MIMPI KARYA VALIANT BUDI TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA (TEORI DISKRIMINASI PETTIGREW). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ZANTA RANTE SALUDUNG.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Zanta Rante Saludung, 2019. “Diskriminasi Mayoritas terhadap Minoritas dalam Novel Kedai 1001 Mimpi Karya Valiant Budi Tinjauan Sosiologi Sastra (Teori Diskriminasi Pettigrew)”Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Juanda dan Hajrah). Penelitian ini membahas tentang diskriminasi mayoritas terhadap minoritas dalam novel Kedai 1001 Mimpi karya Valiant Budi yang bertujuan untuk menggambarkan karakteristik diskriminasi dan menguraikan tipe-tipe diskriminasi menggunakan teori diskriminasi Pettigrew. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah teks-teks yang terdapat dalam novel Kedai 1001Mimpi karya Valiant Budi yang menggambarkan karakteristik diskriminasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Kedai 1001 Mimpi karya Valiant Budi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada dua yaitu teknik observasi dan dokumentasi dengan menerapkan teknik baca dan catat. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi, mengklasifikasi, menginterprestasi, dan mendeskripsikan karakteristik diskriminasi mayoritas terhadap minoritas untuk dijadikan sebagai temuan dan kesimpulan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, novel Kedai 1001 Mimpi merupakan sebuah gambaran mengenai kehidupan pendatang yang mendatangi suatu negara yang memiliki kehidupan sosial yang berbeda. Novel Kedai 1001 Mimpi mengandung perilaku-perilaku diskriminatif yang dilakukan oleh kelompok mayoritas terhadap minoritas. Temuan dalam penelitian ini, tergolong baru karena dalam menggambarkan karakteristik diskriminasi yang terjadi dalam novel, penyebab diskriminasi dikategorikan menggunakan teori Theodorson & Theodorson yang membagi penyabab diskriminasi atas empat seperti berdasarkan ras, kesukubangsaan, agama, atau keanggotaan kelas-kelas sosial. Namun dalam penelitian ini, temuan kategori diskriminasi tidak hanya terbatas pada kategori yang dijabarkan Theodorson dan Theodorson. Dalam penelitian ini, temuannya terdapat lima kategori diskriminasi untuk menggambarkan karakteristik diskriminasi yang terjadi dalam novel, antara lain diskriminasi ras, kelas, agama, etnik, dan kesehatan. Kata kunci: Novel, sosiologi sastra, diskriminasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Oct 2019 05:54
Last Modified: 16 Oct 2019 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15201

Actions (login required)

View Item View Item