PENGARUH PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENGELASAN SMK NEGERI 10 MAKASAR

. NASIR, MUH (2019) PENGARUH PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENGELASAN SMK NEGERI 10 MAKASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal nasir.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aktif, inovatif,kreatif,efektif dan menyenangkan (PAIKEM) terhadap peningkatan hasil belajar pengelasan Las Busur Manual. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif karena bermaksud mengungkap pengaruh antara variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, artinya semua informasi atau data diwujudkan dalam angka dan analisisnya berdasarkan analisis statistik.Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Menurut Sugiono (2009:124) bahwa “sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, hal ini sering dilakukan bila jumlah populasi relatif kecil, Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah ini siswa kelas XI SMK Negeri 10 Makassar yang berjumlah 15 Orang. Hasil Penelitian Konstanta sebesar 6,505, hal ini berarti jika tidak ada perubahan variabel system PAIKEM maka hasil belajar Pengelasan Las Busur Manual sebesar 166,246, nilai koefisien regresi untuk variabel pendekatan PAIKEM sebesar -0,652. Dalam penelitian ini dapat dinyatakan bahwa variabel system PAIKEM berpengaruh terhadap hasil belajar pengelasan Las Busur Manual pada siswa di SMK Negeri 10 Makassar, hal ini menunjukkan bahwa ketika system PAIKEM menurun sebesar satuan, maka pertumbuhan hasil belajar pengelasan Las Busur Manual akan menurun sebesar -0,652.Uji parsial digunakan untuk mengetahui apakah variabel Indepeden (x) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (y). Sehingga berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai signifikan sistem PAIKEM adalah sebesar 0,037 dan nilai tersebut lebih besar dari taraf signifikansi (α) (0,037 < 0,05). Hal ini berarti bahwa H0 ditolak dan H1 di terima, dimana stem PAIKEM berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pengelasan Las Busur Manual siswa SMK 10 Makassar. Kata Kunci: PAIKEM, Hasil Belajar, Pengelasan Las Busur Manual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Oct 2019 01:04
Last Modified: 16 Oct 2019 01:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15191

Actions (login required)

View Item View Item